Kompas TV olahraga sepak bola

Ini Pengumuman FIFA Copot Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U20, Singgung Tragedi Kanjuruhan

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 11:15 WIB
ini-pengumuman-fifa-copot-indonesia-sebagai-tuan-rumah-piala-dunia-u20-singgung-tragedi-kanjuruhan
Logo Piala Dunia U20 yang sedianya akan berlangsung di Indonesia, 20 Mei-11 Juni 2023. FIFA akhirnya mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20. (Sumber: kemenpora.go.id)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - FIFA mengeluarkan pengumuman mencopot Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20.

Pada pengumuman tersebut FIFA juga ikut menyinggung mengenai traged Kanjuruhan.

Pengumuman tersebut dikeluarkan FIFA, Rabu (29/3/2023) waktu setempat.

“Setelah pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino, dan Presiden Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI), Erik Thohir, FIFA telah memutuskan atas situasi saat ini, Indonesia dicopot sebagai tuamn rumah Piala Dunia U-20 2023,” bunyi pernyataan FIFA di laman resmi mereka.

Baca Juga: Berpeluang Gantikan Indonesia, Argentina Bakal Temui FIFA untuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20

Pada pernyataannya, FIFA juga menegaskan akan mengumumkan tuan rumah yang baru secepatnya, dan juga waktu penyelenggaraan turnamen saat ini tak berubah.

FIFA juga menegaskan akan adanya sanksi untuk Indonesia atas pencopotan tersebut.

“Potensi sanksi terhadap PSSI akan diputusakan pada tingkatan berikutnya,” lanjut FIFA.

Pada pengumuman itu FIFA juga menegaskan akan tetap membantu dalam transformasi sepak bola Indonesia terkait tragedi Kanjuruhan.


 

“FIFA ingin menggarisbawahi bahwa meski keputusan ini, kami akan tetap berkomitmen secara aktif membantu PSSI, dalam kerja sama dari dekat, serta dukungan dari Presiden (Joko) Widodo, dalam proses transformasi setelah tragedi yang terjadi pada Oktober 2022,” tuturnya.

“Anggota tim FIFA akan melanjutkan untuk tetap hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang, dan memberikan bantuan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Presiden (PSSI, Erick) Thohir,” tambahnya.

Baca Juga: Media Asing Turut Sorot Batalnya Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20

FIFA juga menegaskan bahwa pertemuan antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Erick Thohir untuk pembicaraan lebih lanjut, akan dijadwalkan secepatnya.

Polemik mengenai Piala Dunia U-20 bergulir dengan panas terkait keikutsertaan Israel.

Keikutsertaan Israel tersebut mengundang tentangan dari banyak kalangan, yang menganggap negara itu merupakan penjajah dari Palestina.

Sinyal-sinyal bakal dicopotnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 sudah muncul ketika FIFA pada pekan lalu membatalkan drawing yang seharusnya dilaksanakan di Bali, Jumat (31/3/2023).



Sumber : FIFA

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.