Kompas TV nasional politik

Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Komisi X: Catatan Penting bagi Kemenpora dan PSSI

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 10:47 WIB
indonesia-batal-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-u20-komisi-x-catatan-penting-bagi-kemenpora-dan-pssi
Ketua Komisi X Syaiful Huda di Gedung DPR (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas.tv)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV – FIFA resmi mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20. Fakta ini dinilai menjadi langkah mundur bagi pembinaan sepaka bola Indonesia. 

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menyoroti penyebutan peristiwa Kanjuruhan dalam pernyataan resmi FIFA terkait pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20. 

Baca Juga: Jerit Parau Suporter Timnas RI Batal Host Pildun U20: Harusnya Penolakan Israel Diantisipasi

Menurut dia, bisa disimpulkan asosiasi sepak bola tertinggi dunia tersebut masih belum melihat perubahan besar-besaran dari pengelolaan sepak bola Indonesia pasca tragedi yang menewaskan 135 korban jiwa tersebut. 

“Ini juga harus menjadi catatan penting bagi Kemenpora dan PSSI agar serius melakukan perbaikan pengelolaan sepak bola di Tanah Air,” kata Huda kepada wartawan, Kamis (30/3/2023). 

Ia menyatakan keprihatinan setelah Indonesia gagal menjadi penyelenggaran perhelatan sepak bola terakbar tersebut. 

“Kita semua prihatin dengan keputusan FIFA karena para pemain tim nasional Indonesia kemungkinan besar gagal mendapatkan kesempatan untuk menikmati pengalaman bermain dengan pemain-pemain terbaik dunia yang lolos final Piala Dunia U-20,” ujarnya.

Huda mengatakan momentum Piala Dunia U20 di Indonesia harusnya menjadi lompatan bagi pembinaan para pemain muda. 

“Tak hanya itu para pemain muda Indonesia juga berkesempatan memberikan perlawanan terbaik kepada tim yang lebih diunggulkan di depan publik mereka sendiri,” katanya. 

Dengan pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah, kata Huda maka peluang mereka untuk menampilkan kemampuan di panggung dunia menjadi kecil. 


 

Oleh sebab itu, tak heran mereka ikut menumpahkan kekecewaan kepada pihak-pihak yang dinilai ikut andil terhadap pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20. 

“Saya kira wajar mereka kecewa karena sudah lama berlatih dan harapan untuk tampil di depan publik sendiri pupus begitu saja,” katanya. 

Huda memahami jika pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 ikut mengecewakan publik bola di Tanah Air. 

Baca Juga: 3 Pernyataan Erick Thohir Usai FIFA Copot Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20: Janji Tegar

“Belum lagi biaya besar telah dikeluarkan oleh negara mulai dari proses bidding, mendatangkan Presiden FIFA ke Indonesia, hingga memperbaiki stadion-stadion yang rencananya menjadi venue putaran final Piala Dunia U20,” katanya. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x