Kompas TV nasional politik

Lihat Lagi Pernyataan Koster dan Ganjar Tolak Israel, Disorot Efek FIFA Copot Tuan Rumah Pildun U20

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 07:04 WIB
lihat-lagi-pernyataan-koster-dan-ganjar-tolak-israel-disorot-efek-fifa-copot-tuan-rumah-pildun-u20
Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo disorot imbas Indonesia Batal Host Piala Dunia U20 (Sumber: Kolase Tribunnews)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dua Gubernur tengah jadi sorotan tajam imbas FIFA resmi mencopot Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U20 pada Kamis (29/3/2023) malam. Mereka adalah Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Awalnya, penolakan dilakukan oleh Gubernur Bali yang menolak kehadiran Timnas Israel di Indonesia. Pada  14 Maret 2023, Wayan Koster mengirim surat resmi penolakan Isreal bernomor T.00.426/11470/SEKRET.

"Kami mohon agar Bapak Menteri mengambil kebijakan untuk melarang Tim dari Negara Israel ikut bertanding di Provinsi Bali. Kami, Pemerintah Provinsi Bali menyatakan menolak keikutsertaan Tim dari Negara Israel untuk bertanding di Provinsi Bali," bunyi isi surat tersebut. 

Terkait hal tersebut, Wayan Koster menyebut sikap penolakan Israel bukan pribadi, tapi juga sikap pemerintah. 

“Duh, bukan sikap saya, (tapi) sikap pemerintah juga,” katanya saat ditemui di Gedung DPR-RI, Jakarta, Senin (27/3) dilansir dari pemberitaan Kompas TV

Baca Juga: Eks TGIPF Kanjuruhan Tuding PDIP Instruksikan Kader Tolak Israel, Tidak Hanya Ganjar dan Koster

Tak lama setelah pernyataan itu, PSSI mengabarkan drawing dibatalkan. Pembatalan tersebut diungkapkan Minggu (26/3), atau hanya lima hari sebelum drawing dilakukan pada Jumat (31/3).

“Penolakan dari Gubernur Bali yang menolak Tim Israel sehingga dengan sendirinya drawing tidak bisa dilaksanakan tanpa seluruh peserta,” katanya Exco PSSI, Arya Sinulingga,

“Dengan penolakan tersebut, jadi wajar kalau FIFA melihat ini harus dibatalkan,” tambahnya.

Baca Juga: Piala Dunia U-20 Batal, Hokky Caraka ke Ganjar Pranowo: Makasih Banyak Pak

Ganjar Pranowo Ikut Menolak

Setelah itu, muncul penolakan kehadiran Timnas Israel yang datang dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

“Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok maupun dalam Conference of the New Emerging Forces," kata Ganjar, Kamis (23/3/2023).

“Saya berharap agar diupayakan langkah-langkah terobosan bersama, tanpa kehadiran Israel," ungkap Ganjar.

Akibat pernyataan Ganjar Pranowo ini, akun-akun media sosialnya dibanjiri kritik dan kekecewaan dari netizen. Bahkan sejumlah pemain timnas U20 pun ikut berkomentar di akun Ganjar. 

Penyerang Timnas U-20 Hokky Caraka menuliskan komentar di unggahan Instagram Ganjar Pranowo usai Piala Dunia U-20 batal digelar di Indonesia.

Dalam komentarnya, secara sarkas, Hokky mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah itu atas dibatalkannya Piala Dunia U20 di Indonesia.

"MAKASIH BANYAK PAK. OIYA PAK, KAMI TAHU PAK NASIB BAPAK SUDAH TERJAMIN. MASA DEPAN BAPAK JUGA SUDAH BAGUS, SEDANGKAN KAMI PAK!? KAMI BARU MAU MERINTIS KARIER MENJADI LEBIH BAIK, TAPI BATU LOMPATAN KAMI SUDAH DIHANCURKAN SAMA BAPAK. #mkshganjar_pranowo," tulis Hokky yang juga pemain PSS Sleman itu.

Baca Juga: Ganjar dan Koster Tolak Israel, Guru Besar UI: Pemda Harusnya Tegak Lurus Ikut Pusat


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x