Kompas TV nasional hukum

Polisi Bongkar 4 Modus Penipuan Travel Umrah Nayla Syafaah: Wisata Religi sampai Tarif Murah

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 06:26 WIB
polisi-bongkar-4-modus-penipuan-travel-umrah-nayla-syafaah-wisata-religi-sampai-tarif-murah
Video viral yang menggambarkan belasan jemaah umrah terlantar karena diduga ditipu agen travel umrah PT Naila Safaah Wisata Mandiri, Rabu (29/3/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polisi ungkap modus penipuan Travel Umrah  PT Naila Syafaah Wisata Mandiri yang sudah memakan ratusan korban jemaah.

Kasubdit Harta dan Benda Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Ratna Qurotul Aini bicara soal kasus modus penipuan travel Umrah. 

Paling tidak, kata dia, ada empat modus penipuan travel umrah yang diduga dilakukan oleh PT Naila Syafaah Wisata Mandiri itu. 

Salah satunya adalah, modus penipuan travel umrah itu lewat pemberian tiket miring untuk ibadah umrah di tanah suci, serta adanya wisata religi yang tidak jelas. 

"Modus mafia umrah, ada wisata religi, tarif umrah yang miring atau murah, beli 9 tiket umrah gratis 1 dan beri cashback kepada orang yang merekrut," jelas Ratna, Rabu (29/3/2023) dilansir dari pemberitaan Kompas TV. 

Baca Juga: Konsulat Jenderal RI Jeddah Ungkap Ada 300 Jemaah Umrah Indonesia Telantar di Arab Saudi pada 2022

Ia lantas menyebut, total korban lebih dari 500 dan akan dikembangkan karena masih banyak yang laporan

Yang di Makkah, lanjutnya,  sudah kembali ke indonesia.

"Saat ini kami fokus ke calon jemaah yang gak berangkat. kemungkinan cabang ini di mana mana di indonesia ada 300 an cabang," jelasnya. 

Kompol Ratna lantas menyebut, bagi korban penipuan travel umrah agar menhubungi kantor polisi terdekat.

"Saat ini sudah ada 13 laporan di seluruh wilayah Polda Metro Jaya," jelasnya. 

Baca Juga: Bos Travel Umrah Naila Syafaah Sempat Buang 3 Kartu ATM saat Ditangkap, Alasan Mau Buang Air Besar

Ia lantas menyebut, kini polisi menyelidiki sedang menyelidiki aliran dana dari penipuan travel umrah ini. Total diprediksi kerugian capai 92 miliar rupiah dan kemungkinan terus berkembang. 

Kini, polisi telah menangkap tiga orang pihak agen travel itu, yakni pasangan suami istri pemilik PT Naila Safaah Wisata Mandiri, Mahfids Abdulah (52) dan Halijah Amin (48), serta Direktur Utama agen travel bernama Hermansyah.

Mahfudz, Halijah dan Hermansyah sudah ditahan di Mapolda Metro Jaya dan telah ditetapkan sebagai tersangka. 

Ketiganya dijerat dengan Pasal 126 Juncto Pasal 119 A Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.