Kompas TV internasional kompas dunia

Media Asing Turut Sorot Batalnya Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 05:50 WIB
media-asing-turut-sorot-batalnya-indonesia-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-u20
Ketua Umum PSSI Erick Thohir tiba di Qatar, Rabu (29/3/2023) untuk melakukan negosiasi dengan FIFA terkait kepastian penyelenggaraan Piala Dunia U20 2023. (Sumber: Tangkapan Layar Instagram Erick Thohir)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

JENEWA, KOMPAS.TV – Sejumlah media asing turut memberitakan batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20, salah satunya adalah The Associated Press.

The Associated Press membuat berita dengan judul “Indonesia stripped of hosting Under-20 World Cup by FIFA” atau berarti “Indonesia Dicoret dari Tuan Rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA”.

The Associated Press menulis, pencoretan ini terkait dengan gejolak politik terkait partisipasi Timnas Israel pada gelaran tersebut. FIFA mengatakan Indonesia dikeluarkan dari turnamen yang dijadwalkan dimulai pada 20 Mei mendatang “karena keadaan saat ini”. Namun mereka tidak merinci lebih lanjut pernyataan ini. 

Mereka juga menyorot bahwa Indonesia adalah negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia dan tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Israel. Indonesia juga secara terbuka mendukung perjuangan Palestina.

Dikutip dari The Associated Press, belum jelas siapa yang akan menjadi tuan rumah turnamen yang sedianya digelar di enam stadion di Indonesia itu. Argentina yang tak lolos ke turnamen tersebut kabarnya tertarik menjadi tuan rumah.

Baca Juga: Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023, Erick Thohir: Saya Sudah Berjuang Maksimal

"Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen yang hingga saat ini tidak berubah," kata FIFA.

Federasi sepak bola Indonesia, PSSI, kemungkinan akan didisiplinkan atau disanksi oleh FIFA. The Associated Press menyebut FIFA dapat menghapus Indonesia dari kualifikasi Asia untuk Piala Dunia 2026, yang dimulai pada bulan Oktober.

Disebutkan oleh The Associated Press, sepak bola dan otoritas publik di Indonesia menyetujui persyaratan tuan rumah FIFA pada 2019 sebelum akhirnya Indonesia dipilih untuk menggelar Piala Dunia U-20 edisi 2021. Pandemi virus corona memaksa turnamen itu ditunda selama dua tahun.

Lolosnya Israel dalam ajang ini menjadi kontroversi di Indonesia. Israel lolos dengan mencapai semifinal Kejuaraan Eropa U-19. Tim kemudian kalah dari Inggris di final itu.

Baca Juga: Pengamat Sepak Bola Tuntut Permintaan Maaf dari Para Penolak Timnas Israel di Piala Dunia U20 2023

Selain The Associated Press, media asal Inggris BBC juga menyorot isu tersebut. BBC menyebut dicoretnya Indonesia dari tuan rumah Piala Dunia U-20 karena adanya penolakan dari Gubernur Bali I Wayan Koster karena keikutsertaan Israel.

BBC juga menyebutkan bahwa FIFA menegaskan Indonesia belum siap menjadi tuan rumah turnamen tersebut dan mengancam akan mengambil tindakan. 

FIFA tahu setiap keputusan untuk mencabut hak tuan rumah Indonesia akan sangat kontroversial, tetapi mereka juga sadar harus melakukan segalanya untuk melindungi pemain Israel dari potensi ancaman keamanan.


 



Sumber : The Associated Press, BBC

BERITA LAINNYA



Close Ads x