Kompas TV lifestyle kesehatan

Puasa kok Loyo? Simak 4 Cara Ini agar Tetap Produktif di Bulan Ramadan

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 05:45 WIB
puasa-kok-loyo-simak-4-cara-ini-agar-tetap-produktif-di-bulan-ramadan
Ilustrasi bekerja dari rumah. (Sumber: Pexels/cottonbro studio)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Puasa Ramadan seharusnya tidak menghalangi kita dalam melakukan aktivitas seperti biasa, termasuk bekerja. Namun, sebagian dari kita mungkin mengalami perubahan signifikan karena berubahnya rutinitas harian seperti tidur dan makan.

Bagi beberapa orang, perubahan adalah sesuatu yang tidak mudah diterima. Perubahan rutinitas tidur dan makan membuat tubuh dipaksa untuk beradaptasi.

Efeknya mungkin membuat seseorang menjalani hari-hari dengan lemas, loyo, dan tidak bersemangat. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Baca Juga: Ramadan Prihatin di Tengah Kekeringan Somalia, Warga Terpaksa Andalkan Takjil di Kamp Pengungsian

Tetap Produktif di Bulan Ramadan

Melansir Edu Advisor, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap produksi meski tengah berpuasa di bulan Ramadan.

1. Buat rencana

Merencanakan beberapa kegiatan untuk hari esok memang klise, tetapi ini bisa memberikan gambaran akan hal-hal yang perlu Anda lakukan di esok hari. Rencana ini juga membuat Anda tetap fokus.

Anda dapat membuat catatan rencana ini pada malam hari atau setelah sahur. Buatlah skala prioritas dengan menempatkan kegiatan penting pada bagian atas. Jangan lupa sertakan waktu yang akan Anda habiskan untuk mengerjakan satu kegiatan.

Baca Juga: Belum Mandi Wajib Meski Sudah Lewat Imsak, Puasa Tetap Sah, Ini Ketentuannya

2. Jangan lewatkan makan sahur

Lemas, loyo, dan kurang semangat mungkin disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi dalam tubuh. Jadi, jangan melewatkan makan sahur. Penuhi asupan gizi dengan makan-makanan yang kaya vitamin.

Hindari makan makanan berlemak dan berminyak karena dapat menyebabkan masalah kesehatan yang menghambat hari Anda.

3. Istirahat di sela-sela tugas

Ambil waktu beberapa menit untuk diri Anda setelah menyelesaikan satu tugas. Anda dapat menjernihkan otak dengan berjalan sebentar ke luar ruangan atau sekadar menggulirkan media sosial Anda.

Peregangan sederhana juga bisa menjadi alternatif untuk menyegarkan kembali otak dan pikiran.

Baca Juga: Puasa Tak Halangi Atlet Lompat Galah Serius Berlatih, demi SEA Games 2023

4. Take a nap!

Mengantuk merupakan hal yang kerap dialami orang, bahkan bagi mereka yang tidak berpuasa. Tak mengapa jika ingin mengambil jam tidur selama 15-20 menit. Meski singkat, tidur siang ini dapat meningkatkan produktivitas Anda.

Pakar kesehatan tidur Sara C. Mednick, mengatakan bahwa tidur siang singkat dapat membantu mengatur ulang sistem Anda dan memberi Anda kewaspadaan.


 

 



Sumber : Edu Advisor

BERITA LAINNYA



Close Ads x