Kompas TV regional jawa timur

Masjid Roudhotul Muchlisin di Jember Bergaya Turki

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 20:50 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Sebuah masjid di Kabupaten Jember Jawa Timur memiliki arsitektur dan ornamen khas Turki dan Jazirah Arab. Masjid berhias warna emas dan penuh kaligrafi ayat Al Quran dan Asmaul Husna. Masjid ini menjadi favorit umat muslim untuk beribadah saat ramadhan.

Masjid itu bernama roudhotul muchlisin berdiri megah di jalan gajah mada Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Arsitektur masjid ini khas masjid Turki dan Jazirah Arab. Warna dinding dominan warna emas dengan relief khas timur tengah. Tiang penyangga masjid juga berwarna keemasan.

Sebagian besar ornamen dinding adalah kaligrafi ayat suci Alquran dan Asmaul Husna yang dapat dibaca secara jelas oleh Jemaah. Di puncak masjid terdapat simbol bulan sabit menjulang tinggi dengan menara berdiri kokoh layaknya masjid Nabawi.

Masjid ini menjadi tempat favorit umat muslim untuk beribadah terutama di bulan ramadhan. Karena tempatnya nyaman, sejuk dan indah. Tak heran jika masjid ini menjadi magnet sekaligus ikon wisata religi di Jember.

Baca Juga: Masjid Baitul Amien Jember Memiliki 7 Kubah, Sebagai Atap Sekaligus Dinding

Masjid roudhotul muchlisin dibangun pada tahun 1978. Dulunya masjid kecil, namun setelah direnovasi dan dibangun ulang pada tahun 2014 hingga 2017, masjid ini kini mampu menampung 2.500 jemaah. Masjid ini dibangun dengan hasil swadaya masyarakat.

 

#masjid #roudhotulmuchlisin #masjidturki #jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x