Kompas TV nasional hukum

Gaduh Jemaah Umrah Terlantar, KJRI Jeddah: Itu Video Lama, Sekarang Sudah Pulang Semua

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 20:53 WIB
gaduh-jemaah-umrah-terlantar-kjri-jeddah-itu-video-lama-sekarang-sudah-pulang-semua
Video viral yang menggambarkan belasan jemaah umrah terlantar karena diduga ditipu agen travel umrah PT Naila Syafaah Wisata Mandiri, Rabu (29/3/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gaduh video jemaah umrah terlantar, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah memastikan video yang beredar adalah rekaman lama dan semua jemaah telah pulang ke Tanah Air, Rabu (29/3/2023).

"Itu video lama, video yang diambil waktu itu bulan September tahun 2022," ungkap Konsul Jenderal RI di Jeddah, Eko Hartono, Rabu (29/3) dalam program Sapa Indonesia Malam Kompas TV.

Eko menerangkan, saat itu sejumlah jemaah yang terlantar di Arab Saudi tersebut sudah sangat putus asa, sehingga meminta bantuan KJRI. 

"Begitu kami mendapatkan laporan, segera kami adakan tindak lanjut," ujarnya.

Menurut dia, jemaah yang merekam peristiwa tersebut memang sudah beberapa minggu tinggal di hotel menggunakan biaya mandiri, usai ditelantarkan pihak agen travel umrah.

"Waktu itu jemaah memang mengaku sudah beberapa lama di situ, kalau nggak salah sudah sekian minggu di hotel itu menunggu kepastian untuk dipulangkan," jelasnya. 

"Jadi sekali lagi, itu video lama, video September 2022, dan jemaahnya sudah pada pulang semua," tegas Eko.

Baca Juga: Telantarkan Ratusan Jemaah, Begini Tipu Daya Travel Umrah Naila Jerat Korban: Tiket Gratis-Cashback

Sebelumnya, beredar video yang menggambarkan belasan jemaah umroh menangis di kamar hotel karena diduga ditipu oleh agen travel umrah.

"Pengen pulang, Ya Allah," teriak seorang perempuan di dalam video sambil terisak.

"Di mana pertanggungjawaban Naila ini, kami sudah satu bulan lebih disuruh sabar-sabar, sabar itu ada batasnya juga," kata perempuan yang merekam video itu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x