Kompas TV nasional humaniora

PT PLN Gelar Mudik Gratis Lebaran 2023 untuk 10 Ribu Peserta, Simak Syarat Pendaftarannya

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 06:40 WIB
pt-pln-gelar-mudik-gratis-lebaran-2023-untuk-10-ribu-peserta-simak-syarat-pendaftarannya
Ilustrasi mudik menggunakan bus. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggelar program mudik gratis untuk 10 ribu peserta, Rabu (29/3/2023). (Sumber: ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggelar program mudik gratis untuk 10 ribu peserta, Rabu (29/3/2023).

"Mudik gratis merupakan agenda tahunan perseroan. Ini merupakan wujud kepedulian kami untuk pelanggan PLN yang ingin mudik dan berkumpul dengan keluarga merayakan hari raya bersama," kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, Rabu (29/3) dilansir dari Antara.

Mudik gratis PLN ini merupakan bagian dari program Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diluncurkan Kementerian BUMN.

Darmawan menyebut, mudik gratis PLN pada momen Lebaran 2023 ini menyasar pelanggan PLN di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) serta beberapa kota besar lain, di antaranya Bandung, Surabaya, dan Bali.

Ia menerangkan, agenda kolaborasi dengan Kementerian BUMN tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat mudik dengan aman, nyaman, dan lebih ramah lingkungan.

Mudik bersama PLN pada Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah ini, lanjut dia, akan mengalihkan para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor, ke kendaraan umum yang memenuhi standar keselamatan. 

Selain itu, ia menambahkan, berkurangnya penggunaan kendaraan pribadi juga akan mengurangi emisi atau polusi.

Baca Juga: Polri Prediksi Puncak Mudik Lebaran 18-21 April 2023, Arus Balik Terbagi Jadi Dua Gelombang

"Sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir, program mudik gratis ini bertujuan untuk menyediakan moda transportasi umum yang aman sehingga risiko kemacetan dan kecelakaan saat mudik bisa berkurang," terang Darmawan.

Selain dari Jabodetabek, keberangkatan mudik bersama PLN ini juga dilakukan dari Bandung, Surabaya dan Bali. 

Khusus untuk Jabodetabek, keberangkatan dilaksanakan pada 18 April 2023 dengan tujuan kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bandarlampung, dan Palembang.

Baca Juga: Ingin Mudik Gratis Pakai Kereta dan Bawa Motor? Kemenhub dan KAI Buka Program Motis

Syarat pendaftaran mudik gratis PLN

  • Pendaftaran mudik gratis bersama PLN hanya bisa dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile.
  • Pendaftaran dibuka dalam dua tahap. Tahap pertama berlangsung pada 29 hingga 31 Maret 2023, sedangkan tahap kedua dibuka pada 5 hingga 7 April 2023.
  • Peserta belum pernah mendaftar program mudik gratis di Kementerian BUMN atau instansi mana pun.
  • Peserta wajib mengisi data diri sesuai dokumen yang dilampirkan, yaitu KTP (untuk individu) dan KK (untuk keluarga) atau satu KK maksimal empat orang.
  • Peserta harus mentransfer uang jaminan sebesar Rp100 ribu per orang. Uang tersebut akan dikembalikan menjelang keberangkatan. Namun, uang jaminan tidak dapat dikembalikan jika peserta membatalkan keberangkatan.
  • Balita dihitung satu kursi, sehingga wajib melampirkan akta kelahiran.

Pendaftaran mudik Lebaran 2023 bersama PLN ini akan ditutup ketika kuota telah terpenuhi. Pendaftaran bisa ditutup sewaktu-waktu apabila kuota sudah terpenuhi dan akan diumumkan sebelum batas waktu yang ditentukan.


 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x