Kompas TV cerita ramadan kesehatan

Empat Manfaat Puasa Ramadan Bagi Penderita Diabetes: Atur Kadar Glukosa hingga Tekanan Darah

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 16:15 WIB
empat-manfaat-puasa-ramadan-bagi-penderita-diabetes-atur-kadar-glukosa-hingga-tekanan-darah
Ilustrasi seorang laki-laki sedang berpuasa. Berikut ini empat manfaat puasa bagi penderita penyakit diabetes dari dokter spesialis penyakit dalam, Rabu (29/3/2023). (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Purwanto

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dokter spesialis penyakit dalam subspesialis endokrinologi metabolik dan diabetes dr. Ikhsan Mokoagow mengatakan setidaknya ada empat manfaat berpuasa bagi penderita diabetes.

"Ketika berpuasa, penyandang diabetes ‘dipaksa’ untuk menjalani pola makan yang lebih terjaga dan teratur, serta asupan kalori yang relatif sama," kata dokter Klinik RS PI-PI itu pada Rabu (29/3/2023) dilansir dari Antara.

Berikut lima manfaat berpuasa Ramadan bagi penderita diabetes menurut dr Ikhsan Mokoagow:

1. Menstabilkan kadar glukosa darah

Dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah, Jakarta itu menerangkan bahwa puasa memicu tubuh mengatur peningkatan kadar glukosa dan insulin.

Ia menyebut, puasa bermanfaat untuk, salah satunya, menstabilkan kadar glukosa darah. 

2. Mengurangi kadar kolesterol jahat

Puasa Ramadan, kata Ikhsan, juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (low-density lipoprotein cholesterol atau LDL) dalam tubuh. Asal, saat sahur dan berbuka, penderita diabetes memilih makanan dengan bijak.

Artinya menghindari makanan sahur dan takjil berbuka puasa yang dimasak dengan cara deep fried atau digoreng dengan banyak minyak.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x