Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi: Sekarang Semua Kota Macet, Kereta Api Jadi Hal Dasar untuk Dibangun

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 15:26 WIB
jokowi-sekarang-semua-kota-macet-kereta-api-jadi-hal-dasar-untuk-dibangun
Presiden Jokowi dalam acara Peresmian Depo Kereta Api Maros di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (29/3/2023) (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

MAROS, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Indonesia terlambat membangun transportasi publik dan kereta api merupakan kebutuhan dasar, Rabu (29/3/2023).

"Hampir di semua pulau besar, kemudian di kota-kota, utamanya ibu kota kita ini terlambat dalam membangun transportasi publik, transportasi massal utamanya, terlambat," kata Jokowi dalam acara Peresmian Depo Kereta Api Maros di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (29/3) sebagaimana dilaporkan oleh jurnalis KompasTV, Cindy dan Wandi. 

Padahal, kata Presiden, transportasi publik merupakan kebutuhan mendasar untuk menghubungkan berbagai daerah, baik provinsi, kota, maupun kabupaten. 

Presiden Ketujuh Republik Indonesia itu juga menyebut, kereta api merupakan salah satu sarana transportasi publik paling murah dan paling mendasar yang perlu dibangun.

"Tentu saja yang kita pilih adalah yang paling murah. Oleh sebab itu kereta api menjadi hal yang sangat dasar untuk dibangun," ucapnya.

Jokowi menilai, banyaknya masyarakat yang menggunakan alat transportasi pribadi saat ini disebabkan oleh terlambatnya pembangunan transportasi massal.

Baca Juga: Jokowi Sebut Kemacetan di Jakarta karena Pembangunan Transportasi Publik Telat 30 Tahun

"Akhirnya seperti yang sekarang kita lihat, karena keterlambatan membangun transportasi massal, baik untuk penumpang maupun untuk barang, semua berbondong-bondong menggunakan kendaraan pribadi," ujarnya.

Ia pun mengaku memutuskan untuk membangun jalur kereta api di Sulawesi sebelum di Kalimantan karena khawatir masyarakat akan semakin bergantung pada transportasi pribadi, sehingga menyebabkan kemacetan.

"Pada saat saya perintah sudah kita fokus dulu apakah di Kalimantan atau di Sulawesi, diputuskan di Sulawesi, karena kalau tidak, semua orang nanti naik mobil pribadi," ujarnya.

Gubernur DKI Jakarta masa jabatan 2012-2017 itu mengatakan kota-kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, dan Semarang terlambat membangun transportasi publik, sehingga banyak terjadi kemacetan.

"Tidak hanya di Jakarta, (tapi juga) Bandung, Medan, Surabaya, Semarang, dan di Makassar sudah macet semuanya, karena kita terlambat membangun transportasi publik," ujarnya.

Baca Juga: Daftar Kereta Api Tambahan untuk Lebaran 2023, Simak Tujuan, Waktu, dan Ketentuannya

"Oleh sebab itu saya sangat senang dan menghargai apa yang sudah kita mulai ini, jalur kereta api Trans Sulawesi yang nantinya insyaallah akan sambung-menyambung dari Makassar sampai ke utara di Sulawesi Utara di Manado," ucapnya.

Jalur kereta api yang ada di Maluku saat ini baru ada dua, yakni jalur Makassar - Parepare dan jalur Maros. 

"Jadi ini Makassar nanti kemudian ke sana ke Parepare, ini kalau nanti betul-betul sudah keretanya banyak, ada untuk penumpang, ada untuk wisata, ada untuk barang, ini akan memberikan daya saing, competitiveness negara kita akan semakin baik," ujarnya.

Pasalnya, sambung Jokowi, barang-barang akan diangkut dengan alat transportasi yang murah.

"Tapi ini adalah pilihan yang bisa kita berikan kepada masyarakat, kepada pengusaha untuk menggunakan jalur yang telah kita bangun ini," ujarnya.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.