Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Sebut Kemacetan di Jakarta karena Pembangunan Transportasi Publik Telat 30 Tahun

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 14:58 WIB
jokowi-sebut-kemacetan-di-jakarta-karena-pembangunan-transportasi-publik-telat-30-tahun
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerja atau kunker di Bali dan mengunjungi Pasar Baturiti, Tabanan, Bali, Kamis (2/2/2023). (Sumber: Antara)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

MAROS, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut kemacetan di Ibu Kota Jakarta karena terlambatnya pembangunan transportasi publik hingga 30 tahun, Rabu (29/3/2023).

"Di Jakarta terlambat 30 tahun kira-kira, meskipun sekarang sudah ada MRT tapi baru satu jalur, ada LRT tapi juga belum jalan, sehingga Bapak Ibu kalau di Jakarta pagi macet, siang macet, sore macet, malam macet sekarang ini," kata Presiden Jokowi dalam acara Peresmian Depo Kereta Api Maros di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (29/3) sebagaimana dilaporkan oleh jurnalis KompasTV, Cindy dan Wandi. 

"Karena keterlambatan dalam membangun itu (transportasi publik)," ucapnya.

Jokowi menyatakan, keterlambatan pembangunan transportasi publik menyebabkan banyak masyarakat menggunakan alat transportasi pribadi, sehingga menimbulkan kemacetan di jalanan, terutama di kota-kota besar.

"Tidak hanya di Jakarta, (tapi juga) Bandung, Medan, Surabaya, Semarang, dan di Makassar sudah macet semuanya, karena kita terlambat membangun transportasi publik," ujarnya.

Presiden Ketujuh Republik Indonesia itu menilai, berbagai daerah di Indonesia terlambat membangun transportasi publik. 

Padahal, sambung Presiden, transportasi publik merupakan kebutuhan mendasar untuk menghubungkan berbagai daerah, baik provinsi, kota, maupun kabupaten. 

Baca Juga: Daftar Kereta Api Tambahan untuk Lebaran 2023, Simak Tujuan, Waktu, dan Ketentuannya

Jokowi menyebut, kereta api merupakan salah satu sarana transportasi publik paling murah dan paling mendasar yang perlu dibangun.

"Tentu saja yang kita pilih adalah yang paling murah. Oleh sebab itu kereta api menjadi hal yang sangat dasar untuk dibangun," ujarnya.

Gubernur DKI Jakarta masa jabatan 2012-2017 itu menambahkan, banyaknya kereta api, baik untuk barang maupun penumpang, akan meningkatkan daya saing masyarakat.

"Competitiveness negara kita akan semakin baik, karena barang diangkut dengan alat transportasi yang murah, bukan oleh yang lain-lainnya," ujarnya.

"Tapi ini adalah pilihan yang bisa kita berikan kepada masyarakat, kepada pengusaha untuk menggunakan jalur yang telah kita bangun ini," ucapnya.

Baca Juga: Waspada! Ini Jam Rawan Kejahatan dan Kemacetan Selama Ramadan Menurut Polda Metro Jaya


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.