Kompas TV regional berita daerah

Bekal Menuju Akhirat, Para Lansia di Kota Semarang Nyantri Selama Ramadan

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 14:49 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Selama Ramadan, Pesantren Lansia yang berlokasi di Jalan Dewi Sartika Sukorejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah, dipadati oleh para lansia yang mengikuti berbagai kegiatan keagamaan seperti semaan (simaan) Al-Qur'an, mendengarkan tausiyah dan mempelajari ilmu agama lainnya.

Mereka yang datang di Pesantren Lansia ini rata-rata berawal dari nol atau belum bisa membaca Al-Qur'an. Berkat keseriusan serta ketekunan mempelajari ilmu agama dan optimis, akhirnya mereka bisa. Para lansia yang rata-rata berusia 60 hingga 70 tahun ini, berniat ikut Pesantren Lansia Ramadan untuk mempersiapkan bekal ilmu agama menuju akhirat.

“Pesantren Ramadan untuk lansia ini kami selenggarakan untuk membekali lansia dan lebih mengoptimalkan ibadahnya pada Ramadan. Juga membekali mereka pasca Ramadan agar memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan mengantarkan mereka agar Husnul Khotimah,” ucap Muntafingah, pembina Pesantren Lansia.

Dengan adanya Pesantren Lansia, para santri lansia menjadi lebih semangat. Ratna, salah satu peserta lansia yang juga merasakan lebih bersemangat dan senang dengan adanya Pesantren Lansia ini.

“Saya merasa senang dan semangat sekali. Saya bisa mempelajari segala sesuatu untuk mempersiapkan diri sebagai bekal menuju akhirat, mulai dari fikih hingga membaca Al-Qur'an,” ujar Ratna.

Selama bulan Ramadan, kegiatan di Pesantren Lansia ini difokuskan pada kegiatan semaan Al-Qur'an di akhir pekan, yakni hari Jumat hingga Minggu. Selain ilmu agama, di Pesantren Lansia juga diisi kegiatan olahraga dan berkebun.

#pesantren #lansia #ramadan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x