Kompas TV entertainment selebriti

Profil Once Mekel dan Awal Mula Bergabung dengan Dewa 19 Bersama Ahmad Dhani

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 13:30 WIB
profil-once-mekel-dan-awal-mula-bergabung-dengan-dewa-19-bersama-ahmad-dhani
Once Mekel (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Musisi Ahmad Dhani dan Once Mekel sedang mendapat sorotan publik setelah mencuat isu permasalahan royalti lagu Dewa 19.

Ahmad Dhani pada Selasa (28/3/2023) melarang Once Mekel untuk membawakan lagu Dewa 19 di konser pribadinya. 

Meski begitu, Dhani tetap memperbolehkan Once membawakan lagu ciptaan Dhani sendiri di luar Dewa 19.

"Once tidak boleh membawakan atau menyanyikan lagi lagu Dewa 19. Once boleh menyanyikan lagu ciptaan saya yang lain diluar Dewa 19," ucap Dhani.

Permintaan tersebut disampaikan karena Ahmad Dhani mengaku belum menerima royalti performance rights dari event organizer (EO) yang mengundang Once Mekel sebagai penampil.

Suami Mulan Jameela itu menduga ada EO yang tidak melapor ke Wahana Music Indonesia (WAMI) terkait lagu Dewa 19 yang dibawakan Once.

Baca Juga: Tegaskan Tak Ada Masalah dengan Once, Ahmad Dhani: Ada Dugaan Penggelapan dari EO

"Ini masih terus ditelusuri, biarkan saja WAMI yang bekerja. Kalau data dari WAMI, ya ada dugaan atau indikasi penggelapan royalti dari EO. Rencananya kami akan tindak," ujar Ahmad Dhani.

Profil Once Mekel

Dikutip dari Tribun Wiki, pemilik nama asli Elfonda Mekel ini terjun ke dunia musik sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ia pernah menggantikan vokalis dalam sebuah festival band.

Laki-laki kelahiran di Makassar, 21 Mei 1970 itu lantas menjadi vokalis yang lebih profesional setelah lulus sekolah menengah atas (SMA).

Saat itu, Once Mekel mulai mendapatkan bayaran. Salah satu band-nya pernah mengiringi penyanyi kondang, seperti Ita Purnamasari.

Once lantas mengenyam pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI). Meski begitu, ia tetap bergelut di dunia musik semasa kuliah.


 



Sumber : Kompas TV, Tribun Wiki, Grid.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x