Kompas TV regional berita daerah

Melihat Proses Pembuatan Cincau Sajian Pelengkap Selama Ramadan

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 14:06 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Yuk Fa 61 tahun, warga Gampong Laksana, Banda Aceh, salah seorang pengusaha yang sudah puluhan tahun menggeluti bisnis cincau ini. Salah satu yang beredar di Banda Aceh dan Aceh Besar adalah cincau miliknya.

Dibantu oleh sejumlah para pekerjanya, proses pembuatan cincau dimulai dari pagi hari. Dari proses produksi hingga jadi biasanya memakan waktu hingga satu jam. Dalam sehari Yuk Fa mampu memproduksi higga ratusan cincau untuk dipasarkan.

Cincau yang sudah jadi kemudian didinginkan, selain banyak pembeli yang datang langsung ke lokasi.  Cincau juga dikirim ke sejumlah kabupaten kota di Aceh. Harganya dijual mulai 5 ribu hingga 25 ribu rupiah, tergantung ukuran cincau.

Bisnis cincau ini sudah berdiri cukup lama di Banda Aceh. Yuk Fa, merupakan generasi ketiga penerus usaha tersebut. Sayangnya, bahan baku cincau masih iya peroleh dari luar Aceh.

Meskipun produksi di Ramadan kali ini menurun. Namun Yuk Fa tetap memproduksi cincau untuk kebutuhan masyarakat. Setiap harinya, ia mampu memproduksi cincau dari 100 hingga 500 bungkus untuk dipasarkan dan dijual langsung di tempat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x