Kompas TV nasional politik

Ketua DPP PDIP ke Presiden Jokowi: Piala Dunia U-20 Tak Mungkin Dipisahkan dari Politik

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 11:45 WIB
ketua-dpp-pdip-ke-presiden-jokowi-piala-dunia-u-20-tak-mungkin-dipisahkan-dari-politik
Politisi PDIP Andreas Hugo Pareira (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube Kompas TV) 
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira tak setuju dengan pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang menyatakan jangan mencampurkan politik dengan olahraga. 

Menurut dia, dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia itu merupakan sebuah keputusan politik. Sebab itu merupakan bagian dari sistem kehidupan sosial manusia. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Tegaskan Tidak Campur Aduk Urusan Olahraga dengan Politik!

"Turnamen sepakbola seperti piala dunia tidak mungkin dipisahkan dari politik. Karena sebuah turnamen, pasti merupakan bagian dari sistem kehidupan sosial manusia," kata Andreas kepada Kompas TV, Rabu (29/3/2023). 

Selain itu, di dalamnya juga ada aspek subsistem ekonomi, keamanan, pembangunan, termasuk tentunya aspek elemen keputusan politik. 

"FIFA sendiri pernah memutuskan mengeliminasi Rusia dari piala dunia 2022, karena desakan dari beberapa negara eropa, karena pertimbangan Rusia yang dianggap sebagai negara agresor yang menyerang Ukraina," ujarnya. 

Anggota Komisi X DPR RI itu menyebut, untuk menyukseskan sebuah turnamen besar seperti piala dunia adalah bagaimana mensinergikan berbagai elemen subsistem sehingga ada dalam suatu pandangan yang kolaboratif.


 

"Apa yang dilakukan oleh pemerintah dengan mengutus Erick Tohir menjelaskan sikap Indonesia dan meyakinkan FIFA sikap atas sikap Indonesia yang menolak penjajahan diatas dunia dan mewujudkan perdamaian dunia sebagai tujuan bernegara." 

"Seharusnya, olahraga dalam hal ini juga sepakbola seharusnya juga bisa hadir sebagai instrumen yang menjembatani tercipatanya perdamaian dunia," ujarnya. 

Ia menambahakan, politik yang tidak dianjurkan terlibat dalam dunia olahraga itu seperti saat persiapan teknis maupun pertandingannya. 

"Artinya, proses persiapan teknis maupun pertandingan sepakbola memang tidak boleh dicampur adukan dengan politik, karena pasti akan merusak prestasi, merusak permainan sepakbola sebagai tontonan," ujarnya. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan resmi mengenai polemik keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U20 2023.

Dalam pernyataannya melalui video di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (28/3/2023), Jokowi menegaskan untuk tidak mencampuradukkan urusan politik dengan urusan olahraga.

"Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina, karena dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat," tegasnya.

Baca Juga: Erick Thohir Tegaskan PSSI Belum Terima Surat FIFA soal Pembatalan Piala Dunia U20

"Dan dalam urusan Piala Dunia U20 ini, kita sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya. Jadi jangan mencampuradukkan urusan olahraga dan urusan politik," imbuhnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.