Kompas TV internasional kompas dunia

Belarusia Pastikan Akan Jadi Tuan Rumah Senjata Nuklir Taktis Rusia, NATO Ketar-Ketir

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 09:53 WIB
belarusia-pastikan-akan-jadi-tuan-rumah-senjata-nuklir-taktis-rusia-nato-ketar-ketir
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko. Belarusia hari Selasa, (28/3/2023) memastikan akan menjadi tuan rumah senjata nuklir taktis Rusia. (Sumber: Ramil Sitdikov, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

LONDON, KOMPAS.TV - Belarusia hari Selasa, (28/3/2023) memastikan akan menjadi tuan rumah senjata nuklir taktis Rusia. Mereka mengatakan keputusan itu respons tekanan Barat selama bertahun-tahun, termasuk sanksi, dan apa yang dikatakan sebagai pembangunan militer oleh negara-negara anggota NATO di dekat perbatasannya.

Seperti laporan Straits Times, Rabu, (29/3/2023), pernyataan kementerian luar negeri Belarusia itu adalah yang pertama sejak Presiden Rusia Vladimir Putin hari Sabtu mengumumkan Moskow akan menggelar senjata nuklir taktis di Belarusia dan akan membangun fasilitas penyimpanan senjata nuklir di sana.

Meskipun Putin tidak mengatakan kapan pengerahan akan dilakukan, atau memberikan perincian lebih lanjut, pengumuman tersebut tampaknya membuka jalan bagi pengerahan senjata nuklir pertama Moskow di luar perbatasannya sejak runtuhnya Soviet tahun 1991.

Kementerian luar negeri Belarusia mengatakan senjata nuklir taktis Rusia menawarkan perlindungan setelah apa yang disebutnya sebagai kampanye tekanan dari Amerika Serikat dan sekutunya yang bertujuan menggulingkan pemerintahan Presiden Alexander Lukashenko.

“Selama dua setengah tahun terakhir, Republik Belarus telah mengalami tekanan politik, ekonomi, dan informasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dari Amerika Serikat, Inggris Raya dan sekutu NATO-nya, serta negara-negara anggota Uni Eropa,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Itu mengeluhkan "campur tangan langsung dan brutal" dalam urusan dalam negeri, di negara yang diperintah selama hampir tiga dekade oleh mantan bos pertanian kolektif Soviet, Alexander Lukashenko.

“Mengingat keadaan ini, dan kekhawatiran serta risiko yang sah di bidang keamanan nasional yang timbul darinya, Belarusia terpaksa merespons dengan memperkuat kemampuan keamanan dan pertahanannya sendiri,” kata kementerian itu.

Baca Juga: NATO Marah Rusia Pasang Senjata Nukir Taktis di Belarusia: Berbahaya dan Tidak Bertanggung Jawab

Jumlah senjata nuklir taktis Rusia dan Amerika Serikat. Seluruh senjata nuklir taktis Rusia masih berada di dalam negeri, sementara sebagian senjata nuklir taktis Amerika Serikat sudah disebar di Eropa. (Sumber: France24)

Keputusan untuk mengerahkan senjata nuklir di Belarus adalah salah satu sinyal nuklir terberat Moskow ke Barat sejak serangan Rusia ke Ukraina tahun lalu dalam apa yang disebutnya sebagai "operasi militer khusus".

Juru kampanye anti-nuklir memperingatkan langkah tersebut, yang menurut Putin akan mencerminkan cara Amerika Serikat mengerahkan hulu ledak nuklir di Eropa tanpa melepaskan kendali atas mereka, akan menurunkan ambang batas penggunaan senjata nuklir medan perang jarak pendek taktis dan tidak diperlukan dari sudut pandang militer.

Minsk mengatakan rencana nuklir Rusia tidak akan bertentangan dengan perjanjian non-proliferasi internasional karena Belarus sendiri tidak akan memiliki kendali atas senjata nuklir.

“Pelatihan pilot Belarusia yang mampu menerbangkan pesawat dengan hulu ledak khusus, modernisasi pesawat semacam itu, dan penempatan hulu ledak nuklir di wilayah Belarusia tanpa memberikan kendali kepada Minsk atas mereka atau akses ke teknologi yang relevan sama sekali tidak bertentangan dengan ketentuan dari perjanjian non-proliferasi,” katanya.


 

Lukashenko berulang kali menuduh Barat mencoba menggulingkannya setelah protes massal terhadap pemerintahannya meletus tahun 2020 pasca pemilihan presiden yang menurut pihak oposisi telah dimenangkan Lukashenko secara curang. Lukashenko mengatakan dia menang dengan adil, sambil melakukan tindakan keras terhadap lawan-lawannya.

Minsk mengizinkan Moskow menggunakan wilayah Belarusia untuk mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari tahun lalu. Namun, pasukannya sendiri sejauh ini tidak bertempur dalam perang, sambil meningkatkan pelatihan militer bersama dengan pasukan Rusia yang dikerahkan di Belarusia.

Lukashenko, yang dalam proses membangun secara bertahap apa yang dia sebut "negara serikat" dengan Rusia, akan menyampaikan pidato kenegaraan hari Jumat.



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x