Kompas TV olahraga sports

Puasa Tak Halangi Atlet Lompat Galah Serius Berlatih, demi SEA Games 2023

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 08:36 WIB
puasa-tak-halangi-atlet-lompat-galah-serius-berlatih-demi-sea-games-2023
Atlet Lompat Galah Fauzan sedang berlatih meski berpuasa(Sumber: Antara)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bulan puasa bukanlah halangan bagi sejumlah atlet lompat galah yang akan bertanding di ajang SEA Games 2023 di Kamboja. Fauzan misalnya, tetap rajin datang ke Stadion Madya, Senayan Jakarta, hampir setiap petang. Tak ada raut lelah atau tak bersemangat meski sedang menjalani ibadah rukum Islam kelima itu.  

Latihan normal di bawah pantauan pelatih Sainih tetap berjalan meski sejumlah modifikasi latihan diberikan demi menjaga kondisi fisik atlet dengan harapan untuk menghindarkan dari cedera.

"Bertabrakan dengan bulan Ramadhan para atlet masih menjalani ibadah puasa. Namun kondisi kebugaran atlet cukup baik," kata Sainih di sela memimpin latihan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (28/3/2023) dikutip dari Antara.

Baca Juga: Tak Mau Latah, Imam Sudjarwo Enggan Lakukan Naturalisasi Atlet Bola Voli untuk Timnas Indonesia

Ada empat atlet yang disiapkan untuk SEA Games 2023 Kamboja yakni Diva Renatta Jayadi (21 tahun), Idan Fauzan (23 tahun), Frederick Saputra (26 tahun) serta satu atlet debutan Maria Andriani Melabessy (17 tahun).

Terkait modifikasi latihan, Sainih menjelaskan latihan difokuskan sore hari. Selain untuk memaksimalkan atlet juga untuk menyesuaikan dengan waktu pertandingan di SEA Games nanti.

"Jadi di SEA Games nanti kami akan bertanding sore sekitar jam 4 hingga sekitar jam 7 malam. Oleh karena itu dalam pelatihan ini kami menyesuaikan waktu yang sama dengan jadwal pertandingan nanti," kata Sainih menjelaskan.

Meski latihan sudah sesuai program, Sainih menjelaskan ada satu tantangan yang harus dihadapi atlet yakni soal berat badan.


 

"Atlet saya punya kendala berat badan. Salah satunya ada yang perlu dikurangi satu atau dua kilo berat badannya. Ada juga yang kekurangan dua kilo berat badannya," kata Sainih menegaskan.

Pada SEA Games 2023 di Kamboja, 5-17 Mei, atlet lompat galah Indonesia diharapkan bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya dengan meraih medali atau minimal bisa mencetak rekor lompatan pribadi.

Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) menargetkan lima medali emas pada SEA Games 2023 Kamboja.

Baca Juga: Laka Maut, Atlet Bulu Tangkis Syabda Perkasa Meninggal Dunia

Ada beberapa nama yang diproyeksikan bisa menjadi yang terbaik yakni Maria Londa (lompat jauh putri), Eky Febri Ekawati (tolak peluru putri), Odekta Elvina Naibaho (marathon putri), Safwaturahman (lompat jauh putra) dan Abdul Hafiz (lempar lembing putra). 



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.