Kompas TV TALKSHOW lanturan

Makna Sayur Lodeh di Pertemuan Jokowi-Mega! Ini Bukan Soal Makanan tapi | LANTURAN #5

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 01:31 WIB
Penulis : Nurlaily.aningtyas

JAKARTA, KOMPAS.TV – Di tengah isu penundaan tahapan pemilihan umum, Ketua Umum PDI-P, Megawati, menyambangi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Sabtu, 18 Maret 2023. Pertemuan dua tokoh politik tersebut menarik perhatian publik. Pasalnya, pertemuan tersebut dilakukan tidak lama setelah beredarnya foto antara Jokowi, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto di Kebumen, Jawa Tengah.

Menurut keterangan Sekjen PDI-P, pertemuan ini membahas soal untold story Ir. Soekarno, hal-hal strategis dan dinamika politik, termasuk juga persoalan Pemilu 2024. Pertemuan tersebut berlangsung selama 3 jam, kemudian ditutup acara makan-makan dengan menu favorit Ir. Soekarno, sayur lodeh.

“Sayur lodeh itu kan suatu simbol keselamatan, bagaimana kita menghadapi pemilu agar demokratis, agar rakyat juga happy, agar bisa menghasilkan pemimpin yang hebat, lalu muncul suatu nostalgia tentang lomba sayur lodeh itu.”

Apa sebenarnya maksud dari pertemuan Jokowi-Megawati di Istana? Apakah ini petunjuk bahwa PDIP sudah mengantongi nama-nama calon dan memutuskan arah koalisinya? Apakah duet Prabowo-Ganjar menjadi salah satu pertimbangan mereka?

Kami mengundang Wartawan Senior Kompas, Budiman Tanuredjo, yang akan mengupas tuntas makna dari pertemuan Jokowi-Megawati di Istana Merdeka kali ini. Apa saja simbol yang terlihat dari pertemuan itu? Tonton video ini selengkapnya dan berikan komentarmu!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x