Kompas TV internasional kompas dunia

Junta Militer Myanmar Bubarkan Partai Suu Kyi, Liga Nasional untuk Demokrasi

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 05:25 WIB
junta-militer-myanmar-bubarkan-partai-suu-kyi-liga-nasional-untuk-demokrasi
Komisi pemilu junta militer Myanmar memerintahkan partai politik pemimpin terguling Myanmar, Aung San Suu Kyi, untuk dibubarkan karena gagal mendaftar untuk pemilihan umum. (Sumber: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

BANGKOK, KOMPAS.TV - Komisi pemilu junta militer Myanmar memerintahkan partai politik pemimpin terguling Myanmar, Aung San Suu Kyi, untuk dibubarkan karena gagal mendaftar untuk pemilihan umum yang telah direncanakan.

Liga Nasional untuk Demokrasi (LND) Suu Kyi, yang menolak pemilihan umum oleh junta militer pasca kudeta, adalah salah satu dari 40 partai yang gagal memenuhi batas waktu pendaftaran hari Selasa, dilaporkan oleh stasiun televisi pemerintah MRTV, dikutip Associated Press, Selasa (28/3/2023).

Para pengkritik mengatakan pemilihan umum yang belum dijadwalkan itu tidak akan bebas dan adil di negara yang diperintah oleh militer, yang menutup kebebasan media dan menangkap sebagian besar pemimpin partai Suu Kyi.

LND memenangkan pemilihan November 2020, tetapi tentara memblokir semua anggota parlemen terpilih untuk mengambil kursi mereka di Parlemen dan merebut kekuasaan untuk dirinya sendiri, menahan anggota tertinggi pemerintahan dan partai Suu Kyi.

“Kami sama sekali tidak menerima bahwa pemilihan akan diadakan pada saat banyak pemimpin politik dan aktivis politik ditangkap dan rakyat disiksa oleh militer,” kata Bo Bo Oo, salah satu anggota parlemen terpilih dari partai Suu Kyi hari Selasa.

Suu Kyi, yang berusia 77 tahun, menjalani hukuman penjara total selama 33 tahun setelah dinyatakan bersalah dalam serangkaian tuntutan politik yang dibawa oleh militer. Pendukungnya mengatakan tuduhan tersebut dibuat-buat untuk mencegahnya berpartisipasi dalam politik.

Tentara mengatakan mereka melakukan pengambilalihan pada 2021 karena penipuan pemilu besar-besaran, meskipun pemantau pemilu independen tidak menemukan penyimpangan besar.

Beberapa pengkritik Jenderal Senior Min Aung Hlaing, yang memimpin pengambilalihan dan sekarang menjadi pemimpin tertinggi Myanmar, meyakini tindakan tersebut karena pemungutan suara menggagalkan ambisi politiknya.

Baca Juga: Kronologi Pembantaian 22 Orang di Biara Myanmar, Junta Militer dan Kubu Pemberontak Saling Tuding

Komisi pemilu junta militer Myanmar hari Selasa, (28/3/2023) memerintahkan partai politik pemimpin terguling Myanmar, Aung San Suu Kyi, untuk dibubarkan karena gagal mendaftar untuk pemilihan umum. (Sumber: France24)

Pemilihan baru dijadwalkan pada akhir Juli, menurut rencana militer sendiri. Namun, pada bulan Februari, militer mengumumkan perpanjangan enam bulan dari keadaan darurat, berakibat menunda kemungkinan tanggal resmi untuk mengadakan pemilihan.

Junta militer mengatakan bahwa keamanan tidak dapat dijamin. Militer tidak menguasai sebagian besar negara, di mana ia menghadapi perlawanan bersenjata yang meluas terhadap kekuasaannya.

“Di tengah penindasan negara setelah kudeta tahun 2021, tidak ada pemilu yang dapat dipercaya, terutama ketika banyak penduduk melihat pemungutan suara sebagai upaya sinis untuk menggantikan kemenangan telak Liga Nasional untuk Demokrasi Aung San Suu Kyi pada tahun 2020,” kata sebuah laporan dikeluarkan Selasa oleh kelompok pemikir International Crisis Group yang berbasis di Brussel.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x