Kompas TV lifestyle tren

Cara Melihat Fenomena Planet Sejajar 2023 Malam Ini, Peneliti: Jangan Ada Polusi Cahaya

Kompas.tv - 28 Maret 2023, 22:15 WIB
cara-melihat-fenomena-planet-sejajar-2023-malam-ini-peneliti-jangan-ada-polusi-cahaya
Fenomena langit planet sejajar menjadi perbincangan hangat warganet dan viral di media sosial Jumat (24/6/2022). (Sumber: Twitter guivaloz/Giullermo Valdes)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Peneliti Astronomi dan Astrofisika Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang Hasanuddin, membagikan sejumlah tips bagi Anda yang ingin menyaksikan fenomena planet sejajar.

Fenomena planet sejajar merupakan fenomena langit yang langka, di mana terdapat lima planet yang berada dalam posisi sejajar. Planet itu adalah Jupiter, Merkurius, Venus, Uranus, dan Mars.

Fenomena planet sejajar ini berlangsung pada 27-28 Maret 2023 dan dapat disaksikan oleh masyarakat Indonesia. Artinya, ini adalah malam terakhir Anda untuk menyaksikan peristiwa langit ini.

Baca Juga: Ini Penampakan Fenomena Planet Sejajar yang Berhasil Tertangkap Kamera

Satu hal penting yang harus diperhatikan ketika ingin menyaksikan fenomena planet sejajar ini adalah pemilihan lokasi. Andi bilang, lokasi yang tak banyak cahaya merupakan lokasi yang baik.

“Jadi untuk lokasi terbaik dalam mengamati fenomena parade langit 5 planet berjajar ini utamanya ada di lokasi-lokasi yang polusi cahayanya masih sangat minim, seperti di daerah pedesaan ataupun di daerah pedalaman dan di bagian lereng gunung,” kata Andi kepada Kompas TV, Selasa (28/3/2023).

“Dengan catatan lereng gunung tersebut juga jauh dari arah medan pandang, jauh dari polusi cahaya.”

Andi menerangkan, fenomena astronomi membutuhkan lokasi pengamatan terbaik. Selain tak boleh ada polusi cahaya, kadar tutupan awan dan laju penguapan air juga memengaruhi proses pengamatan.

Bagi masyarakat Jabodetabek, fenomena langit sejajar ini dapat disaksikan di kawasan Cisarua, Bogor, perbatasan Bogor-Sukabumi, Kepulauan Seribu, Kabupaten Tangerang, perbatasan Kabupaten Serang-Bekasi Utara, dan Bekasi Selatan.

Baca Juga: Mahasiswa Pecinta Astronomi UIN KHAS Jember Berburu Fenomena 5 Planet Sejajar

“Untuk Kabupaten Tangerang sendiri ada di Teluk Naga bagian Utara, dari Kabupaten Tangerang sampai ke daerah perbatasan dengan Kabupaten Serang, seperti Balaraja,” sebut Andi.

“Untuk Jakarta Utara sendiri terdekatnya di Kabupaten Kepulauan Seribu. Itu juga posisi cahaya sangat minim, bisa menjadi alternatif lokasi penglihatan terbaik dalam mengamati fenomena parade langit lima planet berjajar ini,” pungkas dia.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.