Kompas TV nasional rumah pemilu

Indikator Politik Ungkap Alasan Ganjar, Prabowo dan Anies Selalu Jadi Top Survei

Kompas.tv - 28 Maret 2023, 21:03 WIB
indikator-politik-ungkap-alasan-ganjar-prabowo-dan-anies-selalu-jadi-top-survei
Kolase foto Ganjar Pranowo (kiri), Prabowo Subianto (tengah), dan Anies Baswedan (kanan). Lembaga survei Indikator Politik Indonesia menjelaskan alasan Ganjar, Prabowo, Anies kokoh di posisi tiga teratas dalam survei elektabilitas Capres 2024.  (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan menjadi tiga tokoh dengan elektabilitas tertinggi sebagai kandidat Capres 2024 dalam survei Indikator Politik Indonesia.

Direktur Eksekutif Indikator Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menyebut dalam analisis pihaknya, berdasarkan data satu tahun terakhir, posisi top 3 tersebut relatif tidak terjadi pergeseran berarti kecuali urutan peringkat.

"Jadi seperti di peringkat kedua sebelumnya itu Anies Baswedan menyalip Pak Prabowo di (survei) November 2022. Tetapi di survei Maret 2023 Anies cenderung melemah, Prabowo meningkat suaranya sementara Ganjar cenderung stagnan," kata Burhanuddin dalam Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, Selasa (28/3/2023). 

"Jadi naik turunnya suara diperingkat ketiga itu umumnya juga diambil oleh top 3 yang lain, bukan diambil nama-nama di luar Ganjar, Prabowo, maupun Anies."

Hal tersebut, kata dia, menunjukkan pilihan pemilih terhadap Ganjar, Probowo, maupun Anies sudah sulit bergeser dengan nama lain. Dia pun menjelaskan alasannya.

"Alasan pertama adalah Ganjar, Prabowo dan Anies memiliki popularitas yang sangat besar di atas 80 persen," ujarnya.

Merujuk pada hasil survei Indikator Politik pada Maret 2023, Prabowo Subianto menjadi tokoh yang paling dikenal masyarakat dengan 97,1 persen. Disusul Anies dengan 88 persen dan Ganjar dengan 81,5 persen. 

Alasan kedua, kata dia, ketiga tokoh tersebut, pada umumnya memiliki basis geografis yang kuat

Dari hasil survei Indikator, kata Burhanuddin, Ganjar mempunyai basis masa dan elektabilitas yang kuat di Jawa Tengah.

Baca Juga: Hasil Survei Indikator Sebut Elektabilitas Prabowo Meningkat karena Ada Endorsement Jokowi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x