Kompas TV regional jawa timur

Kue Lebaran Opak Gambir Diburu Warga, Dipesan Hingga Malaysia

Kompas.tv - 28 Maret 2023, 19:45 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BLITAR, KOMPAS.TV - Menjelang Idul Fitri, perajin opak gambir di Blitar Jawa Timur banjir pesanan. Rasanya yang gurih dan tekstur renyah membuat opak gambir dipesan hingga luar negeri.

Sejak awal Ramadhan, perajin opak gambir di Kelurahan Plosokerep Kabupaten Blitar lembur demi bisa memenuhi pesanan dari berbagai daerah. Jumlah pesanan opak gambir naik 7 kali lipat dibanding hari biasa. Bahkan pesanan tidak hanya datang dari Indonesia, namun juga dari Malaysia.

Menjelang Idul Fitri, rata-rata produksi opak gambir mencapai 1,5 kuintal. Rasa opak gambir gurih dan renyah sehingga jajanan ini menjadi buruan warga untuk dijadikan sajian tamu saat idul fitri.

Baca Juga: Mendekati Lebaran, Perajin Kue Kacang Banjir Pesanan

Dian Kartika, produsen opak gambir, mendapat omzet puluhan juta rupiah dalam sekali momen ramadhan. Dian bersyukur omzet usaha opak gambirnya kembali meningkat setelah dua tahun lalu penjualannya anjlok akibat pandemi covid-19.

 

#kuelebaran #opakgambir #jajanan #blitar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.