Kompas TV internasional kompas dunia

Media Selandia Baru Sebut TNI/Polri Serang Markas KKB yang Sandera Pilot Susi Air

Kompas.tv - 28 Maret 2023, 20:23 WIB
media-selandia-baru-sebut-tni-polri-serang-markas-kkb-yang-sandera-pilot-susi-air
Arsip. Kondisi pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya. Media Selandia Baru, Radio New Zealand melaporkan bahwa aparat TNI/Polri menyerang markas KKB Egianus Kogoya pada Kamis (23/3/2023) pekan lalu. Tiga orang dilaporkan tewas akibat bentrok bersenjata. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Media Selandia Baru, Radio New Zealand melaporkan bahwa aparat TNI/Polri menyerang markas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya pada Kamis (23/3/2023) pekan lalu. Tiga orang dilaporkan tewas akibat bentrok bersenjata.

KKB Egianus Kogoya sendiri merupakan kelompok yang menyandera pilot Susi Air, Philip Mehrtens. Pemerintah Selandia Baru meminta pembebasan Mehtens tidak melibatkan kekerasan.

Operasi pasukan Indonesia dilaporkan digelar pada Kamis (23/3) pukul 01.00 dini hari waktu setempat. Serangan ini kemudian memicu serangan balasan dari KKB.

Baca Juga: Polisi Tetapkan 15 Orang Jadi Tersangka Pembakaran Pesawat Susi Air, Termasuk Egianus Kogoya

Pihak KKB menyatakan bahwa komandan mereka, Egianus Kogoya turut diserang pasukan Indonesia. KKB menyebut seorang anggota mereka tewas dalam serangan. KKB juga mengeklaim menembak empat personel keamanan Indonesia, menewaskan satu personel TNI dan satu personel Polri.

Belum diketahui apakah Philip Mertens berada di markas dalam hutan tersebut selama operasi. Pilot berkebangsaan Selandia Baru itu telah disandera KKB selama 50 hari.

Peneliti Human Rights Watch Indonesia, Andreas Harsono mengaku telah memverifikasi kabar penyerangan tersebut. Ia menyebut terdapat beberapa kali bentrokan antara aparat keamanan dengan kelompok bersenjata Papua.

"Saya telah memverifikasi pernyataan tersebut dengan mengecek apa yang telah dilaporkan polisi Indonesia dan orang Papua," kata Andreas dikutip RNZ.

"Dapat dikonfirmasi bahwa ini dimulai dengan serangan ke apa yang disebut markas Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat. Saya kira itu adalah (serangan ke) persembunyian dalam hutan pada Kamis, 23 Maret pukul 01.00," lanjutnya.

Sebelumnya, Polda Papua telah menetapkan 15 tersangka pembakaran pesawat Susi Air dan penyanderaan Philip Mehrtens. Ke-15 tersangka itu ditetapkan masuk ke dalam daftar pencarian orang (DPO).

Pekan lalu, sejumlah insiden kekerasan antara aparat TNI/Polri dengan KKB diketahui terjadi di Papua. Pada Rabu (22/3), aparat gabungan dilaporkan menembak mati tiga personel KKB setelah seorang tukang ojek di Ilaga, Papua Tengah ditembak mati KKB.

Sementara pada Sabtu (25/3), aparat TNI/Polri dilaporkan ditembaki KKB saat menjaga salat tarawih di Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah. Seorang anggota TNI dan Polri tewas dalam insiden ini.

Baca Juga: Korban Penembakan KKB Dimakamkan Secara Kedinasan Polri


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.