Kompas TV regional berita daerah
advertorial

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Lakukan Koordinasi dengan Bupati Banyuasin

Kompas.tv - 28 Maret 2023, 17:21 WIB
kakanwil-kemenkumham-sumsel-lakukan-koordinasi-dengan-bupati-banyuasin
Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Dr. Ilham Djaya saat bertemu dengan Bupati Banyuasin, Askolani di ruang kerjanya pada Selasa (28/3/2023). (Sumber: Humas Kanwil Kemenkumham Sumsel)
Penulis : KompasTV Palembang

BANYUASIN, KOMPAS.TV - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Dr. Ilham Djaya menyambangi Bupati Banyuasin, Askolani di ruang kerjanya pada Selasa (28/3/2023).

Dalam agenda silaturahmi itu, Kakanwil Ilham Djaya yang didampingi oleh Kalapas Kelas IIA Banyuasin melakukan koordinasi sekaligus menjalin sinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuasin sehingga pelaksanaan tugas dan fungsi jajaran Kemenkumham di wilayah dapat berjalan dengan tepat sasaran dan efisien.

Pada kesempatan itu, dibahas juga mengenai  kondisi umum dalam lingkup Pemasyarakatan, khususnya perihal over kapasitas yang terjadi di sebagian besar Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan).

Menurut Kakanwil, saat ini jumlah narapidana yang menghuni Lapas/Rutan se-Sumatera Selatan sudah berjumlah sekitar 17.000 napi. "Kami mengharapkan kerja sama Bapak Bupati untuk membantu kami mengatasi over kapasitas ini. Dengan mendorong program pembinaan di lapas atau mencegah tindak kriminalitas dan penyalahgunaan narkoba yang marak terjadi," harap Ilham.

Dalam kesempatan itu, Kakanwil juga menyampaikan perhatian mengenai Pemilihan Umum yang akan digelar tahun depan, terutama terkait dengan kendala sebagian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang menyebabkan mereka tidak dapat menyalurkan hak pilihnya.

“Kami minta atensi dari Bapak Bupati agar bisa mendorong Dinas Dukcapil untuk melakukan pendataan ketersediaan KTP dari WBP yang berada di Lapas Banyuasin,” ujar Kakanwil Ilham.

Sementara itu Bupati Banyuasin, Askolani turut mengapresiasi sinergi dan koordinasi yang telah terjalin selama ini. “Kami siap menyerap dan melaksanakan aspirasi terkait permasalahan yang terjadi di lapas, termasuk melakukan pendataan menyangkut KTP bagi warga binaan untuk mempersiapkan keikutsertaannya dalam pemilu yang akan segera dilaksanakan,” kata Askolani.

Pada pertemuan ini turut hadir Sekretaris Daerah, Kepala Bagian Hukum, perwakilan dari Dinas Kesbangpol Kabupaten Banyuasin, serta para pejabat struktural Lapas Kelas IIA Banyuasin.



Sumber : Kompas TV Palembang

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.