Kompas TV nasional rumah pemilu

PKS Sebut Khofifah Punya 3 Kekuatan sebagai Cawapres Anies, Salah Satunya Berlatar Belakang NU

Kompas.tv - 28 Maret 2023, 16:58 WIB
pks-sebut-khofifah-punya-3-kekuatan-sebagai-cawapres-anies-salah-satunya-berlatar-belakang-nu
Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur Saat Mengadakan Kordinasi Penanganan Covid 19 (Sumber: KompasTV Jawa Timur )
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pihak Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menilai Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mempunyai tiga kekuatan sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menjelaskan, tiga kekuatan yang dimiliki oleh Khofifah salah satunya adalah berlatar belakang Nahdlatul Ulama (NU).

"Bu Khofifah, karena punya kekuatan tiga. Satu, dari Jawa Timur. Dua, latar belakang Nahdlatul Ulama. Tiga, perempuan. Jadi, punya banyak (kekuatan)," kata Mardani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (28/3/2023), dikutip Kompas.com.

Penjelasan Mardani tersebut disampaikan saat disinggung soal nama Khofifah yang masuk dalam bursa kandidat cawapres bakal pendamping Anies.

Baca Juga: Kata PBNU soal JK Disebut Sodorkan Tokoh NU Jadi Cawapres Anies: Sikap Pribadi sebagai Politisi

Mardani melanjutkan, dengan kekuatan yang dimiliki Khofifah, bukan tidak mungkin nama Khofifah akan dipertimbangkan.

Meski demikian, menurutnya, Khofifah setidaknya harus memenuhi dua kriteria agar bisa dipilih sebagai cawapres.

"Kelebihan masing calon wapres yang diusulkan banyak, dan nanti kita lihat mana yang paling pas yang bisa berikan dua kan (yaitu) elektabilitas Mas Anies bertambah secara kuantitatif, secara kualitatif, dia juga bisa bekerja sama dengan Mas Anies sebagai dwi tunggal," kata Mardani.

Kesepahaman antara calon presiden dan calon wakil presiden, kata Mardani, sangat dibutuhkan, karena mereka akan memikul tugas berat memimpin bangsa dan negara.

"Berat sekali bangsa ini, harus betul-betul bersatu presiden dan wakil presidennya," kata Mardani.

Dalam kesempatan itu, Mardani juga menyebut kemungkinan deklarasi bersama Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) untuk paket pasangan calon (paslon) Pilpres 2024.

Namun, mengenai waktu pendeklarasian, Mardani belum bisa memastikan secara pasti.

"Kalau saya sih lebih cepat lebih baik. Tapi kan banyak hal harus dipertimbangkan. Dan pertimbangannya, selain pertimbangan elektoral juga mungkin, saya menyebutnya milestone, stepping stonenya bagus enggak nih momentumnya," ujarnya.

Baca Juga: Jusuf Kalla Beri Usulan Nama Pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024

"Mudah-mudahan ketemu di bulan Ramadhan yang penuh berkah, ada keberkahan bagi KPP ini," ungkap anggota Komisi II DPR ini.

Sebagai informasi, nama Khofifah sebelumnya disebut-sebut masuk dalam "radar" cawapres yang bakal mendampingi Anies Baswedan.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x