Kompas TV entertainment selebriti

Tips Ajarkan Anak untuk Puasa ala Alya Rohali: Tak Iming-imingi Hadiah dan Jangan Dipaksa

Kompas.tv - 28 Maret 2023, 16:45 WIB
tips-ajarkan-anak-untuk-puasa-ala-alya-rohali-tak-iming-imingi-hadiah-dan-jangan-dipaksa
Alya Rohali beberkan tips ajarkan anak puasa. (Sumber: Instagram/@arohali)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presenter Alya Rohali membeberkan cara dan tips mengajarkan anak untuk melakukan ibadah puasa Ramadan sejak dini.

Diketahui, Alya Rohali memiliki tiga orang anak dan tengah menginjak masa remaja. Kepada tiga anak perempuan tersebut, bintang film “Moga Bunda Disayang Allah” itu mengajarkan puasa ke anak sejak kecil.

Salah satu tips yang dia berikan adalah tidak pernah memberikan iming-iming hadiah. Alya Rohali ingin menanamkan bahwa puasa Ramadan merupakan kewajiban setiap individu yang beragama Islam.

Baca Juga: Buka Puasa Tak Disarankan Pakai Gorengan, Pakar Beberkan Dampak Buruknya

“Reward berpuasa adalah pahala dan aku nggak pernah iming-iming anak hadiah,” kata Alya Rohali di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (27/3/2023), dikutip dari Warta Kota.

“Aku hanya beri tahu ke anak-anak bahwa kewajiban kita itu berpuasa,” sambung dia.

Tak hanya itu, Puteri Indonesia 1996 itu juga tidak pernah memaksakan anak harus berpuasa saat masih berusia dini. Dia hanya memberikan pemahaman bahwa seseorang harus berpuasa ketika sudah baligh.

“Belajar berpuasanya nggak pernah dipaksa,” ungkap Alya.

Ajarkan Anak Puasa Tanpa Paksaan

Psikolog Universitas Airlangga Surabaya, Dewi Retno Suminar, mengatakan bahwa anak-anak sebetulnya sudah bisa diajarkan berpuasa sejak kecil. Namun, orangtua harus memperhatikan kemampuan dan kekuatan fisik si buah hati.

Dewi menyebutkan pendekatan yang bisa dilakukan saat mengajarkan anak tanpa paksaan. Pertama, orangtua harus memahami bahwa usia anak dengan cara komunikasi agar dapat memberikan pemahaman mengenai pentingnya puasa.

Baca Juga: Kapan Mulai Ajarkan Anak Puasa Ramadan? Ini Cara Melatihnya Menurut Ahli

Selain itu, ciptakan suasana Ramadan di rumah, seperti melibatkan anak saat sahur dan berbuka puasa, tarawih, dan ibadah lainnya.


 

“Menyediakan atmosfer Ramadan di rumah, seperti sahur, puasa, dan salat tarawih bersama dapat memperkuat proses anak dalam berpuasa,” jelas Dewi, dikutip dari unair.ac.id.



Sumber : Warta Kota, unair.ac.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x