Kompas TV regional berita daerah

Masjid As-Said Dengan Jemaah Hanya Kaum Pria, ini Alasannya

Kompas.tv - 28 Maret 2023, 14:45 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - masjid as-said di Makassar, Sulawesi Selatan yang telah berumur lebih dari satu abad . Masjid yang juga di kenal masjid arab ini punya keunikan , karena hanya jemaahnya hanya kaum pria .

Bangunan masjid as said berbentuk persegi empat dan hanya memiliki satu lantai dengan tinggi plafon yang lapang.  Masjid yang memiliki arsitektur khas timur tengah ini , berdiri dikawasan pecinan , di jalan lombok, makassar, sulawesi selatan.

Kubah masjid terinspirasi dari masjid demak, khas masjid di nusantara. di dalam  masjid terdapat empat pilar  penyangga yang memiliki filosofi empat pilar utama dalam ajaran islam yakni al quran, hadist, qiyas, dan ijetima ulama.

Masjid as said juga di kenal dengan nama masjid arab , lantaran dibangun oleh orang arab yang datang dari hadramaut , yaman .  Mereka ke indonesia untuk berdagang dan melakukan siar agama islam.

Selain bentuk bangunannya yang khas, masjid as said juga punya keunikan. Seluruh jemahnnya merupakan kaum pria. Meski begitu, pihak masjid tidak melarang jika kaum perempuan ingin singgah untuk beribadah.

#masjidassaid
#nuansaramadhan
#masjidarab



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.