Kompas TV religi beranda islami

4 Website Al-Quran Digital Tanpa Aplikasi untuk Tadarus Saat Puasa Ramadan

Kompas.tv - 28 Maret 2023, 11:28 WIB
4-website-al-quran-digital-tanpa-aplikasi-untuk-tadarus-saat-puasa-ramadan
Website kitab Al-Quran dari Kementerian Agama (Kemenag). (Sumber: Kemenag.go.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bulan Puasa Ramadan menjadi kesempatan umat Islam untuk memperbanyak amalan baik, salah satunya dengan membaca Al-Quran atau tadarus.

Tadarus adalah kegiatan menyimak dan membaca Al-Quran dengan tujuan mempelajari atau menjaga hafalan.

Salah satu keutamaan tadarus di bulan Ramadan yakni mendapat pahala yang berlipat-lipat. Hal ini sesuai dengan hadits riwayat Tarmizi.

Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, La,am satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Baca Juga: Ini 4 Aplikasi Islami Untuk Menemani Momen Ngabuburit Agar Makin Berkah

Allah SWT dalam QS. Fathir ayat 29-30 juga menjanjikan kebaikan untuk siapa pun yang membaca Al-Quran.

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.

Melansir NU Online, mantan Menteri Agama Quraish Shihab menuturkan, Al-Quran terus mengalami perkembangan sesuai dengan kemajuan teknologi. Membaca Al-Quran melalui handphone boleh dilakukan asal bacaannya benar.

“Semua itu selama bacaannya benar maka tidak dipermasalahkan apakah dengan melalui kaset mendengarnya, melalui hp (handphone) dan sebagainya. Saya kira sama saja,” ujarnya.

Website Al-Quran Digital Tanpa Aplikasi

Bagi yang tidak bisa mengunduh aplikasi Al-Quran dengan berbagai alasan, baik memori penuh atau lainnya, tenang saja karena ada website Al-Quran yang bisa digunakan.

Baca Juga: Bupati Harapkan Hafiz Quran Semakin Banyak Di Kabupaten Sukabumi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x