Kompas TV nasional rumah pemilu

Waketum Golkar Akui Ada Arahan dari JK ke Airlangga untuk Gabung dengan Parpol Pro Anies

Kompas.tv - 28 Maret 2023, 10:10 WIB
waketum-golkar-akui-ada-arahan-dari-jk-ke-airlangga-untuk-gabung-dengan-parpol-pro-anies
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung (Sumber: kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengakui Wakil Presiden ke 10 dan 12 RI Jusuf Kalla (JK) memberikan arahan kepada ketua umumnya, Airlangga Hartarto untuk bergabung dengan Koalisi Perubahan untuk Persatuan di Pilpres 2024. 

Koalisi Perubahan untuk Persatuan terdiri dari Nasdem, Demokrat, dan PKS, mereka sudah resmi mendukung Anies Baswedan sebagai bakal capres di pesta demokrasi nanti.

Baca Juga: Ketum Golkar Airlangga Hartarto Beri Sinyal soal Koalisi Besar, PPP: Kami Sangat Terbuka

“Saya kira pasti ya, senior-senior itu (JK) kan mempunyai pandangan, saran, dan masukan," kata Doli kepada wartawan, Selasa (28/3/2023). 

Meski begitu, kata Doli, masukan dan pandangan dari JK tersebut sifatnya bukan sebuah keputusan partai, melainkan masih harus dibahas lebih lanjut oleh jajaran pengurus parpol berlambang pohon beringin itu.

Doli belum dapat memastikan apakah partainya akan mendukung bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan. Dia hanya menegaskan bahwa Partai Golkar hingga kini masih merupakan anggota Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB. 

Kesepakatan KIB tidak menutup masing-masing parpol anggota koalisi untuk berkomunikasi dengan parpol lain di luar KIB.

"Masing-masing parpol mempersilakan untuk bisa berjalan dan berkomunikasi dengan siapa saja, enggak ada yang bisa larang gitu," katanya.

Dia menyebut kesepakatan koalisi menghargai kebijakan, kedaulatan, maupun langkah-langkah politik yang diambil secara internal masing-masing partai.

Mengenai kesepakatan bakal capres dan cawapres akan dibicarakan bersama ketiga parpol anggota KIB dan pengumumannya masih menunggu momentum yang tepat.


 

“Ketika kita nanti bicara tentang sudah selesai segala konsepnya macem-macem, 'chapter' terakhir tentang paket capres-cawapres itu kita sepakati akan dibicarakan bertiga,” katanya.

Sebelumnya, Airlangga mengungkapkan soal koalisi besar ketika menghadiri acara buka bersama di Nasdem Tower, Sabtu (25/3). 

"Koalisi besar di mana-mana menguntungkan Indonesia, jadi kita tunggu tanggal mainnya," kata Airlangga kepada wartawan, Sabtu.

Baca Juga: Jusuf Kalla Ungkap Kriteria Bakal Cawapres untuk Anies Baswedan

Airlangga juga menerangkan, KIB nanti akan membuat keputusannya sendiri terkait pengusungan capres maupun cawapres di Pilpres 2024 mendatang.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.