Kompas TV regional sumatra

Polemik Piala Dunia U-20, Mahfud MD: Tetap Akan Mendukung Kemerdekaan Palestina

Kompas.tv - 28 Maret 2023, 09:42 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menko Polhukam Mahfud MD angkat bicara soal polemik kedatangan Timnas israel dalam perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Menurut Mahfud, pemerintah saat ini tengah berupaya untuk menyatukan dua pandangan pro dan kontra kehadiran Timnas Israel agar Piala Dunia U-20 tetap dapat diselenggarakan di Indonesia.

Hal itu disampaikan Mahfud MD setelah mengikuti rapat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin (27/3/2023) sore.

“Ya, kita jalani proses-proses ini unruk dicari jalan keluar. Pokoknya prinsipnya Indonesia itu tidak punya hubungan diplomatik dengan Israel dan tidak akan pernah melakukan hubungan diplomatik dengan Israel selama Palestina belum merdeka,” ujarnya.

Mahfud menegaskan sejak era Presiden Soekarno, Indonesia tidak memiliki dan tidak akan membangun hubungan diplomatik dengan negara Israel.

Bahkan di eranya, kata Mahfud, Soekarno sempat menciptakan Ganefo yang merupakan event olahraga tandingan Olimpiade yang salah aturannya tidak melibatkan negara Israel.

“Itu adalah pernyataan Bung Karno di PBB, di KAA, lalu Bung Karno membuat Ganefo sendiri karena melawan imperialisme. Bagi Bung Karno Israel itu imperialis,” ungkapnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x