Kompas TV internasional kompas dunia

Tank Leopard 2 Jerman Tiba di Palagan Ukraina, Pertempuran akan Makin Sengit

Kompas.tv - 28 Maret 2023, 12:42 WIB
tank-leopard-2-jerman-tiba-di-palagan-ukraina-pertempuran-akan-makin-sengit
Tank Leopard 2 Jerman telah tiba di Ukraina. Kanselir Jerman Olaf Scholz hari Senin, (27/3/2023) di Belanda mengatakan Jerman telah mengirimkan tank tempur Leopard yang dijanjikan ke Ukraina, memberikan Kiev persenjataan berat yang sangat dibutuhkan untuk melawan Rusia (Sumber: France24)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

ROTTERDAM, KOMPAS.TV - Tank Leopard 2 Jerman telah tiba di Ukraina. Kanselir Jerman Olaf Scholz hari Senin, (27/3/2023) di Belanda mengatakan Jerman telah mengirimkan tank tempur Leopard yang dijanjikan ke Ukraina, memberikan Kiev persenjataan berat yang sangat dibutuhkan untuk melawan Rusia, seperti laporan France24.

Pengiriman dari apa yang dikatakan Scholz sebagai tank tempur buatan Jerman yang "sangat modern" terjadi sekitar dua bulan setelah Berlin akhirnya memberikan lampu hijau untuk dikirim.

Belum ada kabar tanggapan dari Rusia tentang tibanya tank Leopard pemberian Jerman ini di palagan Ukraina.

Ukraina selama ini mendesak sekutu baratnya untuk menepati janji sumbangan senjata berat mereka untuk memukul mundur pasukan Rusia, menjelang kemungkinan serangan balasan musim semi oleh Kiev.

"Ya, kami mengirimkan tank Leopard seperti yang kami umumkan," kata Scholz dalam konferensi pers dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di Rotterdam ketika diminta untuk mengonfirmasi laporan di outlet berita Spiegel.

"Kami menyediakan (tank) yang sangat modern yang sekarang telah kami kirimkan."

Laporan Spiegel mengatakan Berlin telah mengirimkan 18 tank Leopard canggih, dengan tank terakhir telah meninggalkan Jerman pada akhir pekan lalu, sebelum diserahkan ke Ukraina di perbatasan.

Kementerian Pertahanan Jerman kemudian mengonfirmasi pengiriman 18 Leopard, bersama dengan dua kendaraan pemulihan tank "Buffel" lapis baja.

Sekitar 40 kendaraan tempur infanteri Marder juga telah tiba di Ukraina.

"Tank kami telah sampai ke tangan teman-teman Ukraina kami seperti yang dijanjikan dan tepat waktu," kata Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius dalam sebuah pernyataan.

"Saya yakin mereka bisa membuat perbedaan di lapangan." Berlin merahasiakan rute pengiriman untuk alasan keamanan, kata Spiegel.

Baca Juga: Menhan Ukraina Pamer Bantuan Tank Leopard: Mana Jalan menuju Moskow?

Tank Leopard 2A6 sedang stelling tempur. Tank Leopard 2 Jerman telah tiba di Ukraina. Kanselir Jerman Olaf Scholz hari Senin, (27/3/2023) mengatakan Jerman telah mengirimkan tank tempur Leopard yang dijanjikan ke Ukraina, memberikan Kiev persenjataan berat yang sangat dibutuhkan untuk melawan Rusia. (Sumber: Krauss-Maffei Wegmann)

Berbahaya



Sumber : Kompas TV/France24

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.