Kompas TV internasional kompas dunia

Serangan Bom Bunuh Diri di Dekat Kementerian Luar Negeri Afghanistan, 6 Orang Tewas

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 22:16 WIB
serangan-bom-bunuh-diri-di-dekat-kementerian-luar-negeri-afghanistan-6-orang-tewas
Para personel Taliban berjaga di dekat lokasi ledakan bom bunuh diri yang berada tidak jauh dari Kementerian Luar Negeri Afghanistan di Kabul, Afghanistan, Senin, 27 Maret 2023. Seorang pelaku bom bunuh diri meledakkan diri di dekat gedung Kementerian Luar Negeri dan menewaskan sedikitnya enam orang. (Sumber: AP Photo/Ebrahim Noroozi)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

 

KABUL, KOMPAS.TV - Seorang pengebom bunuh diri meledakkan diri di dekat kompleks Kementerian Luar Negeri Afghanistan di Kabul, Senin (27/3/2023). Serangan ini menewaskan enam orang dan juga menimbulkan korban luka.

Ini adalah serangan kedua yang diduga menyasar kompleks Kementerian Luar Negeri Afghanistan sepanjang 2023. Belum diketahui siapa dalang bom bunuh diri, tetapi kecurigaan mengarah ke kelompok ISIS-Khurasan.

Baca Juga: Bulan Suci Ramadan Masih Memilukan di Afghanistan, Warga Sahur dan Berbuka Hanya dengan Roti dan Teh

ISIS sendiri meningkatkan serangan di Afghanistan usai Taliban merebut Kabul pada Agustus 2021 lalu. Kelompok ini umumnya menyasar personel Taliban dan minoritas Syiah.

Juru bicara kepolisian Kabul, Khalid Zadran, menyebut pasukan keamanan Taliban melihat pelaku sebelum mencapai pos jaga di dekat kompleks kementerian. Pelaku kemudian meledakkan diri, turut melukai tiga personel Taliban.

Sebuah rumah sakit di Kabul yang dikelola organisasi EMERGENCY mengaku menerima dua korban tewas dari insiden ini. Sebanyak 12 korban luka, termasuk seorang anak kecil, juga dibawa ke rumah sakit tersebut.

"Di antara korban luka, semuanya laki-laki, ada seorang anak. Sekali lagi kita diingatkan bahwa kendati perang sudah usai, kita terus merawat korban-korban kekerasan," kata Direktur EMERGENCY di Afghanistan Stefano Sozza dikutip Associated Press.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Pasukan Taliban Serbu Persembunyian ISIS di Kabul, Tewaskan 3 Milisi


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x