Kompas TV nasional politik

Penolakan Timnas Israel di Piala Dunia U20, Indonesia sebagai Tuan Rumah Seharusnya Sadar Risiko

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 22:01 WIB
penolakan-timnas-israel-di-piala-dunia-u20-indonesia-sebagai-tuan-rumah-seharusnya-sadar-risiko
Demo penolakan Timnas Israel bermain di Piala Dunia U20 2023, Senin (20/3/2023) di Jakarta. (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana menyayangkan penolakan Timnas Israel oleh sebagian masyarakat, kepala daerah, dan politikus di Indonesia, Senin (27/3/2023).

Hikmahanto berpendapat yang ditentang seharusnya terkait kebijakan pemerintah zionis Israel yang mengambil paksa tanah rakyat Palestina dan mempertahankannya dengan kekerasan yang melanggar hak asasi manusia.

Ia melanjutkan Indonesia telah menyatakan kesiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Namun, kontrol peserta tetap ada di tangan FIFA.

Sehingga, nilai Hikmahanto, menolak kehadiran Timnas Israel yang lolos kualifikasi membuat Indonesia berkemungkinan masuk daftar hitam gelaran olahraga dunia, seperti Olimpiade. Mengingat keberadaan Israel sebagai peserta yang diakui.

Baca Juga: Pemerintah Berencana Lobi FIFA di Zurich, Upayakan Piala Dunia U-20 Tetap Digelar di Indonesia

”Sepanjang Indonesia telah menyatakan diri bersedia menjadi tuan rumah, maka Indonesia harus mengambil risiko untuk tidak menolak siapa pun anggota dari penyelenggara event internasional,” kata Hikmahanto, Senin, dikutip dari Harian Kompas.

Hikmahanto mengingatkan bahwa pada Maret 2022, parlemen Israel, Knesset, hadir dalam Sidang Majelis Uni Inter-Parlemen ke-144 di Bali. Oleh karena itu, penolakan Timnas Israel dinilai tak berdasar.

Diberitakan sebelumnya atlet Israel datang ke Indonesia untuk menghadiri cabang olahraga individu pernah terjadi.

Mereka adalah pebulu tangkis Misha Zilberman pada Kejuaraan Dunia BWF 2015 di Jakarta hingga pebalap sepeda Mikhail Yakovlev pada UCI Track Nations 2023 di Jakarta.

Menko PMK Muhadjir Effendy, yang saat ini juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mengatakan, penolakan Timnas Israel tersebut bukan karena protes, tetapi terkait konstitusi Indonesia.

Baca Juga: Meski Drawing Piala Dunia U20 Dibatalkan, FIFA Tetap Inspeksi Stadion Gelora Bung Tomo

Pemerintah mengaku belum menyiapkan rencana jika Indonesia akhirnya batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Namun, Muhadjir optimistis bahwa Indonesia masih dapat menyelenggarakan Piala Dunia U-20.

"Insyaallah tidak ada kemungkinan buruk, semua kemungkinannya baik," kata Muhadjir, Senin.


 



Sumber : Harian Kompas


BERITA LAINNYA



Close Ads x