Kompas TV regional jawa timur

Teknologi Pengenalan Wajah Permudah Calon Penumpang Kereta Api

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 17:49 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Untuk meningkatkan pelayanan kepada calon penumpang, PT Kereta Api Indonesia memasang teknologi pengenalan wajah di Stasiun Kota Malang. Dengan teknologi Face Recognition Boarding Gate ini, memudahkan calon penumpang saat melakukan boarding.

Face Recognition Boarding Gate atau alat pengenalan wajah ini terpasang di pintu masuk calon penumpang kereta api di Stasiun Kota Malang sejak Rabu lalu. Dengan alat ini calon penumpang yang sudah memiliki tiket tidak perlu lagi menunjukkan berbagai dokumen seperti tiket, KTP atau bukti vaksin.

Setelah melakukan registrasi, calon penumpang cukup memperlihatkan wajah mereka di layar. Setelah dinyatakan memenuhi syarat, pintu akan terbuka secara otomatis dan calon penumpang bisa langsung masuk.

Manajer Humas Daops 8 Surabaya, Luqman Arif, menyampaikan bahwa teknologi pengenalan wajah ini dipasang untuk memberikan kemudahan dan peningkatan pelayanan, kepada calon penumpang.

"Untuk bisa menggunakan layanan tersebut, calon penumpang cukup sekali melakukan registrasi di konter," Kata Luqman.

Sementara itu, Putri salah satu calon penumpang kereta api jarak jauh mengaku, aplikasi yang baru pertama ia coba ini cukup membantu dan prosesnya cepat.

"Lebih mudah sih, dan lebih cepet nggak perlu nunjukin surat-surat lagi," ujarnya.

Inovasi ini juga merupakan salah satu tindak lanjut dari perjanjian kerja sama antara PT KAI dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

#facerecognitionboarding #stasiunmalang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.