Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei SMRC: Anies dan Puan Dinilai Tak Akan Melanjutkan Program Jokowi

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 20:30 WIB
survei-smrc-anies-dan-puan-dinilai-tak-akan-melanjutkan-program-jokowi
Presiden Jokowi respons soal Johnny G Plate saat memberikan keterangan pers usai menghadiri Business Matching Produk Dalam Negeri yang digelar di Istora GBK, Jakarta, Rabu (15/3/2023). (Sumber: Kompas.com/ Dian Erika)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Bakal capres Anies Baswedan dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dinilai tak akan melanjutkan program Presiden Joko Widodo atau Jokowi bila terpilih menjadi Kepala Negara pada Pilpres 2024 mendatang.

Baca Juga: PKB Tembus 3 Besar dalam Survei SMRC, Cak Imin kepada Kader: Jangan Terlena dan Lalai

Hal tersebut terlihat dari hasil survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dengan tajuk 'Kinerja Presiden dan Pilihan Capres 2024' yang disiarkan melalui kanal YouTube SMRC TV pada Senin (27/3/2023).

"Untuk bakal capres yang dinilai paling mungkin tidak akan melanjutkan program Jokowi, Anies berada di urutan pertama 21,3 persen, disusul Puan 17,4 persen, Prabowo 15,4 persen, Ganjar 9,6 persen, dan Airlangga 8,6 persen. Masih ada 27,7 persen yang belum menjawab," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani. 

Sementara, untuk bakal capres yang dianggap bakal meneruskan program Presiden Jokowi ialah sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo. 

"Ganjar Pranowo dinilai paling bisa melanjutkan program Jokowi dengan angka 35,8 persen, disusul Prabowo 23,9 persen, Anies 20,5 persen, Puan Maharani 2,9 persen, dan Airlangga Hartarto 1,8 persen. Masih ada 15 persen yang belum menjawab," ujarnya. 

Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka pada 2-11 Maret 2023. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1220 responden.

Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1061 atau 87%. Sebanyak 1061 responden ini yang dianalisis. 

Baca Juga: Lembaga Survei SMRC Prediksi Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo Bersaing Ketat di Pilpres 2024!

Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x