Kompas TV regional berita daerah

Cara Jamaah Suluk Beribadah di bulan Ramdhan

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 14:41 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH BESAR, KOMPAS.TV- Selama ramadhan puluhan jemaah suluk di Dayah Darul Amal / Aceh Besar larut dalam ibadah. Selain perempuan, terdapat juga jemaah laki laki yang melaksanakan ibadah suluk di dayah tersebut, Minggu 26 Maret 2023.

Ibadah suluk di dayah Darul Aman Darussalam Kabupaten Aceh Besar sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir. Biasanya suluk dilaksanakan setiap bulan suci Ramadhan.

Ada sebanyak 80 jemaah tahun ini mengikuti pelaksanaan ibadah suluk. Baik laki laki maupun perempuan. Selain mereka yang sudah masuk dalam kategori lansia. Terdapat juga sejumlah wanita yang masih berusia 18 tahun mengikuti kegiatan suluk tersebut.

Suluk ini akan berlansgung selama 30 hari, mulai dari awal Ramadhan hingga akhir. Para jemaah suluk akan fokus beribadah dari pagi hingga malam hari.

Para jemaah hanya akan melakukan makan dan minum saat berbuka puasa dan sahur selebihnya meminum air putih untuk menjaga kondisi tetap stabil selama menjalankan ibadah suluk.

Sejumlah pantangan juga harus dipenuhi oleh para jemaah seperti tidak boleh memakan yang berlemak dan berdarah selama mengikuti kegiataan suluk.  hal tersebut untuk menghindari godaan dan nafsu duniawi saat beribadah.

Suluk sendiri dikenal sebagai salah satu cara atau upaya mendekatkan diri kepada Allah, dengan memperbanyak ibadah maupun zikir, dengan tujuan diampuni dari segala bentuk kesalahan yang telah diperbuat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x