Kompas TV regional berita daerah

Selama Ramadan, Vaksinasi Covid-19 Tetap Dijalankan

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 13:09 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Walaupun bulan Ramadan, namun masih ada warga yang mengantre untuk mendapatkan layanan vaksin, dengan jumlah penerima vaksin tak sebanyak hari-hari biasanya.

Di hari pertama puasa, yakni hari Kamis (23/3/2023), Puskesmas Pandanaran Kota Semarang, Jawa tengah, mencatat, ada lima orang yang sudah datang untuk mendapatkan suntikan vaksin. Dan jumlahnya bertambah di hari selanjutnya, (24/3/2023) menjadi 42 orang.

Nanda, salah satu warga yang turut datang demi mendapatkan vaksin menyampaikan, meskipun sedang berpuasa, ia bersedia menerima suntikan vaksin booster dosis kedua demi alasan kesehatan.

“Baru kali ini saya menjalanikan vaksin pada saat ibadah puasa. Secara MUI-nya menghalalkan (vaksin saat puasa), jadi saya meyakinkan buat vaksin ini,” kata Nanda.

Pelayanan vaksin ini dibuka untuk memenuhi kebutuhan warga Kota Semarang yang belum mendapatkan vaksin dosis lengkap, mulai dari vaksin pertama hingga vaksin booster dosis kedua. Jenis vaksin yang disediakan adalah vaksin Pfizer dan ketersediaan vaksin masih aman.

Selain demi alasan kesehatan, banyak juga warga yang melengkapi dosis vaksin sebagai syarat melakukan perjalanan jarak jauh, atau untuk mudik saat Lebaran nanti.

“Kami (Puskesmas Pandanaran) selalu siap untuk teman-teman yang mau vaksin. Meski bulan puasa, pasti tetap kami layani dengan baik. Karena untuk menjaga antibodi kita biar sehat,” ujar Samsudin, Kepala UPTD Puskesmas Pandanaran Kota Semarang.

Puskesmas Pandanaran Kota Semarang sendiri melayani vaksinasi mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 11.000, dari hari Senin hingga hari Sabtu, selama bulan Ramadan.

#vaksin #lebaran #ramadan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x