Kompas TV lifestyle tren

5 Idol K-Pop yang Sukses Mendirikan Agensi Sendiri

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 17:00 WIB
5-idol-k-pop-yang-sukses-mendirikan-agensi-sendiri
Beberapa artis Korea Selatan yang sukses juga membangun agensinya sendiri. Siapa sajakah mereka? (Sumber: Freepik/Onlyyouqj)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam industri hiburan di Korea Selatan, memiliki agensi adalah hal lumrah. Dari sini, para grup idola hingga aktor papan atas terbentuk melalui pelatihan ketat dan masa training yang tak sebentar.

Setelah sukses, mereka pun bisa saja mendirikan agensi seperti, seperti Ji Chang Wook. Pada Maret 2023, ia memutuskan kontrak dengan Glorious Entertainment dan mendirikan agensi miliknya sendiri.

Informasi ini pun dijelaskan dalam Kamjagiya Korea! episode “Karier Cemerlang, Ji Chang Wook Mutusin Ngediriin Agensi Sendiri?” dengan tautan akses dik.si/KamKorJCW

Ternyata, selain Ji Chang Wook ada anggota hingga grup idola asal Korea Selatan yang juga membangun agensinya sendiri. Siapa sajakah mereka?

Rain

Rain adalah sosok yang tak asing di industri hiburan Korea. Suami Kim Tae Hee yang telah aktif sejak 1998 ini telah mendirikan dua agensi, yaitu J.Tune Entertainment (2007) dan R.A.I.N Company (2016). Ada pun grup idola yang terkenal dari J.Tune adalah MBLAQ dan MadTown.

Baca Juga: Sukses Besar! The Glory 2 Menempati Top Global Netflix

Saat ini, R.A.I.N Company menaungi dua artis, Rain dan CIIPHER, serta seorang aktris bernama Oh Ye Ju.

Kang Daniel

Kang Daniel adalah eks center sekaligus member WANNA ONE. Setelah grup tersebut bubar, ia terjerat sengketa hukum dengan mantan agensinya. Hal ini membuatnya harus hiatus selama enam bulan.

Setelah berpikir panjang, Daniel pun mendirikan agensinya sendiri, KONNECT Entertainment, pada tahun 2019 agar bisa lebih cepat menyapa penggemarnya. Selain Daniel, kini ada CL (2NE1), Chancellor, dan Yuju (eks GFriend) yang berada di bawah naungannya.

PSY

Penyanyi kondang Oppa Gangnam Style ini mendirikan P Nation pada 29 Oktober 2018. Ia memutuskan untuk mendirikan agensi sendiri setelah keluar dari YG Entertainment. Huruf ‘P’ pada agensinya pun memiliki beragam makna, seperti profesionalisme, potensi, power, playful, hingga passion.

Tak ayal, artis-artis yang berada di bawah naungannya diberi kebebasan untuk ikut campur dalam proses produksi musiknya, seperti HEIZE, Crush, Penomeco, Swings, dan TNX.

ZICO 

Setelah meninggalkan Seven Seasons pada 2018, ZICO (Block B) mendirikan labelnya sendiri, KOZ Entertainment. Agensi yang berdiri pada 2019 tersebut kini menaungi solois Zico dan Dvwn.

Baca Juga: 5 Subunit Grup K-Pop yang Perlu Kamu Tahu!

Pada tahun 2020, KOZ Entertainment diakuisisi oleh HYBE Corporation. Berkat akuisisi itu, agensinya ini pun mendapat dukungan penuh pada sisi kreatif.

Highlight

Setelah anggota Highlight (dulunya BEAST) memutuskan untuk meninggalkan CUBE Entertainment, mereka berencana untuk mendirikan agensi sendiri. Didirikan pada 2016, Around Us Entertainment, bertujuan untuk mempermudah promosi mereka sebagai sebuah grup. 

Istilah “Around Us” dipilih untuk menguatkan keinginan mereka untuk lebih dekat dengan orang lain serta memberikan kemudahan musik serta konten yang dapat diakses oleh para penggemar di mana saja. Saat ini, anggota Highlight, Yoon Doo Joon, Yang Yo Seob, Lee Gi Kwang, dan Son Dong Woon, adalah satu-satunya artis yang dinaungi label tersebut.

Ingin tahu informasi terkini lainnya seputar grup idola hingga budaya Korea? Yuk, dengarkan Kamjagiya Korea! hanya di Spotify. Akses juga episode-episode lainnya yang tak kalah seru dalam playlist YouTube Medio by KG Media.

Dengarkan pula informasi lebih lanjut seputar agensi baru Ji Chang Wook dalam Kamjagiya Korea! episode “Karier Cemerlang, Ji Chang Wook Mutusin Ngediriin Agensi Sendiri?” dengan tautan akses dik.si/KamKorJCW.

Penulis: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.