Kompas TV bisnis keuangan

Kalau THR Cair Jangan Lupa Investasi Syariah, Biar Makin Cuan dan Berkah

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 11:09 WIB
kalau-thr-cair-jangan-lupa-investasi-syariah-biar-makin-cuan-dan-berkah
Jangan lupa juga sisihkan uang THR untuk investasi. Biar dapat untung dobel, cobalah berinvestasi syariah. Selain mendapat cuan, investasi syariah juga berkah karena halal alias bebas riba. (Sumber: Bank Syariah Indonesia)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi hal yang ditunggu-tunggu pekerja saat bulan Ramadan. Tidak hanya karyawan swasta, pegawai negeri sipil (PNS) juga akan mendapatkan THR jelang Lebaran 2023.

Berdasarkan aturan Kementerian Ketenagakerjaan, THR paling lambat dicairkan 7 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Nah, jika nanti sudah mendapatkan THR, sebaiknya jangan dihabiskan sekaligus untuk membeli baju lebaran dan pernak-pernik hari raya. Silakan dibelanjakan tapi seperlunya saja.

Karena masih ada utang dan zakat yang harus dibayar, atau THR untuk asisten rumah tangga dan supir di rumah yang juga harus dipenuhi.

Baca Juga: Bocoran Tanggal Pencairan THR dari Pengusaha, Apindo: Kami yakin Semuanya Bisa Bayar, Tidak Dicicil

Jangan lupa juga sisihkan uang THR untuk investasi. Biar dapat untung dobel, cobalah berinvestasi syariah. Selain mendapat cuan, investasi syariah juga berkah karena halal alias bebas riba.

Lantas apa saja instrumen investasi yang cocok buat anda? Yang jelas, pilih investasi yang risikonya sesuai dengan profil anda.

Mengutip dari instagram resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Senin (27/3/2023), berikut adalah jenis-jenis investasi syariah:

Sukuk Ritel

Sukuk ritel adalah surat utang atau surat berharga syariah negara yang diterbitkan pemerintah kepada investor individu.

Baca Juga: Ada 70 Lokasi Penukaran Uang di Yogyakarta, Bisa Juga Lewat Online

Waktu jatuh tempo instrumen investasi ini biasanya 36 bulan. Investor mendapat keuntungan dari bagi hasil atau fee atau ujrah.

Kalau sudah lewat hold period tertentu, sukuk ritel bisa dijual lagi ke pihak lain di pasar sekunder lewat agen.

Sehingga bisa menjadi sumber dana jika Anda ada keperluan sewaktu-waktu. Sukuk ritel dikenakan pajak atas hasil investasi sebesar 15 persen.

Investasi ini cocok buat pemula karena keamanannya terjamin. Pemerintah akan membayarkan kembali semua uang investor jika sudah jatuh tempo, dan imbalan hasil yang diterima cenderung lebih besar dari deposito. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x