Kompas TV regional berita daerah

Gadget Sangat Berdampak Buruk bagi Anak, Begini Cara Mengatasinya

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 10:40 WIB
Penulis : KompasTV Manado

KOMPAS.TV Sebaiknya orang tua tahu cara mudah cegah kecanduan gadget pada anak-anak. Mudahnya akses internet membuat informasi dan hiburan bisa didapatkan dengan waktu yang singkat Bukan hanya orang dewasa saja yang bisa mengkakses internet. Bahkan anak-anak juga menggunakan Gadget untuk mendapatkan hiburan.

Meski demikian Screen Time berlebihan pada anak akan berdampak pada tumbuh kembang anak-anak. Melansir dari Kementerian Kesehatan , Screen time adalah waktu yang dihabiskan untuk menonton televisi, menggunakan komputer, bermain video game, dan gawai.

Dampak Buruk Screen Time Berlebihan: Anak jadi malas berpikir Muncul masalah kesehatan tertentu Kemampuan bersosialisasi berkurang dan hilangnya empati Gangguan tumbuh kembang Meningkatnya risiko obesitas, Cara Mencegah Anak Kecanduan Gadget:

Orang Tua Jadi Role Model Paling tidak kurangi waktu yang orang tua habiskan untuk gadget saat berada dengan anak Ketat dengan Aturan Jelaskan pada anak mengenai keputusan orang tua membatasi gawai untuk mereka Gadget Bukan untuk Mengalihkan Saat anak menangis tanyakan apa yang mereka inginkan Terapkan Waktu Bebas Gadget Saat itu semua anggota keluarga tidak memegang gadget Pantau Konten Selalu patau tontonan anak-anak, pastikan sesuai dengan usianya Puji Usaha Anak Puji perilaku positif anak-anak.

#kompastvmanado #gadget #info

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x