Kompas TV nasional hukum

Polisi Peringatkan Bakal Tindak Tegas Ormas yang Minta THR ke Pelaku Usaha

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 06:03 WIB
polisi-peringatkan-bakal-tindak-tegas-ormas-yang-minta-thr-ke-pelaku-usaha
Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho. (Sumber: Dok. Polres Metro Tangerang Kota)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

TANGERANG, KOMPAS.TV - Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Zain Dwi Nugroho menegaskan pihaknya tidak akan segan menindak tegas oknum yang memaksa meminta sumbangan tunjangan hari raya (THR) terhadap pelaku usaha.

Dalam keterangannya, Zain mengimbau para pelaku usaha yang mendapat intimidasi permintaan THR itu segera melaporkan ke command center Polres Metro Tangerang di nomor 082211110110 dan Call Center 110.

Baca Juga: Ramai Ormas Minta THR ke Warga dan Perusahaan, Polri Janji akan Tindak Tegas

"Ormas, (yang) meminta sumbangan (THR) secara paksa dengan cara mengancam dan cara premanisme, akan kami tindak tegas sesuai undang-undang yang berlaku," kata Zain pada Minggu (26/3/2023).

Dia menjelaskan, sesuai arahan Kapolda Metro Jaya Irjen Muhammad Fadil Imran, Polres Metro Tangerang Kota tidak akan memberikan toleransi terkait tindakan premanisme.

Selain itu, pihaknya pun mengaku siap memberantas segala aksi premanisme, termasuk pemerasan yang dilakukan sejumlah oknum menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

"Saya perintahkan untuk seluruh polsek jajaran bila menerima aduan masyarakat terkait permintaan THR dengan unsur pemerasan oleh oknum tertentu ataupun oknum ormas, segera tindak lanjuti dan tindak tegas," ujarnya.

Baca Juga: Menhub Minta Perusahan Swasta Cairkan THR Lebaran Lebih Awal

Dia menambahkan polisi tidak dapat bekerja sendiri tanpa adanya peran serta dari masyarakat. Jika ada warga di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota menjadi korban pemerasan THR, maka diharap segera melapor dan tidak ragu apalagi merasa takut.

"Segera lapor bila menjadi korban pemerasan, kami ada polisi, (pengurus) RW, ada Bhabinkamtibmas, ada polsek terdekat, atau bisa datang ke Mapolres Metro Tangerang Kota," ujarnya.


 

Dia juga mengimbau agar seluruh masyarakat dapat mengingatkan anak-anak remaja di lingkungan masing-masing untuk tidak melakukan aksi yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Hal tersebut menyikapi maraknya aksi tawuran yang dilakukan sekelompok remaja selama bulan Ramadhan.

Baca Juga: 2 Keputusan Penting usai Jokowi Ratas Mudik Lebaran: Cuti Bersama Dimajukan, THR Diberi Lebih Awal

"Aktifitas kejahatan tentunya semakin meningkat, jaga lingkungan, tingkatkan poskamling dari segala bentuk tindak kejahatan. Irang tua yang memiliki anak remaja, mohon awasi setiap kegiatan mereka di luar rumah," ujar Zain.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x