Kompas TV religi beranda islami

Bacaan Doa Berangkat Kerja untuk Memohon Dimudahkan Kelancaran Saat Puasa

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 06:18 WIB
bacaan-doa-berangkat-kerja-untuk-memohon-dimudahkan-kelancaran-saat-puasa
Ilustrasi orang berdoa. Berikut doa sebelum berangkat kerja (Sumber: agung pribadi)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seorang Muslim disunahkan untuk membaca doa sebelum memulai aktivitas, termasuk sebelum bekerja agar diberikan kelancaran dalam mencari rezeki.

Terlebih saat bulan Puasa Ramadan, kondisi lingkungan dan diri sendiri saat bekerja tentu berbeda dari kondisi saat tidak puasa.

Tantangan dalam bekerja akan lebih berat, namun hal itu apabila dilakukan dengan ikhlas dan semata-mata untuk ridha Allah SWT, maka akan dibalas dengan beribu kebaikan.

Dalam hadis riwayat Imam Bukhari disebutkan: Allah berfirman dalam hadits qudsi: "Orang yang berpuasa itu meninggalkan makan, minum dan syahwatnya karena taat pada perintahKu Allah. Puasa adalah untukku (Allah) dan Aku akan memberikan balasannya, sedang sesuatu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipat gandanya."

Baca Juga: Niat, Tata Cara Salat Duha, Waktu Pelaksanaan dan Doa yang Dibaca Setelahnya

Doa Berangkat Kerja

Berikut bacaan doa berangkat kerja untuk memohon keberkahan rezeki, seperti dikutip dari NU Online.

Bismillahi 'ala nafsi wa mali wa dini. Allahumma Raddhini bi qada'ika wabarik li fima quddira li hatta la uhibba ta'jila ma akhkharta wa la ta'khira ma 'ajjalta.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah atas diriku, hartaku, dan agamaku. Ya Allah, jadikanlah aku orang yang rida (menerima) atas ketetapan-Mu serta berkahilah aku atas rezeki yang Engkau tentukan, sehingga aku tak tergesa-gesa meminta sesuatu yang Engkau tunda atau menunda-nunda sesuatu yang Engkau hendak segerakan

Doa Sebelum Mulai Beraktivitas


 

Doa yang bisa dibaca sebelum mulai beraktivitas ini tercantum dalam Al-Quran surat At-Thaha ayat 25-26.

Rabban tin min ladunka rahmatan, wa hayyi’ lan min amrin rasyada. (Surat Al-Kahfi ayat 10), Rabbisyrah l shadr , wa yassir l amr . (Surat Thah ayat 25-26). 

Artinya: Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku. 

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut Subuh Sendirian dan Salat Berjamaah, Berikut Tata Caranya

Doa Memohon Diberikan Kelancaran

Berikut ini adalah salah satu dari doa Ramadan harian agar diberi kelancaran dan kemudahan saat berpuasa.

Allahummaftah ‘Aalainaa Abwabaal Khairi Wa Abwaabal Barakati Wa Abwaaban Ni’mati Wa Abwaabal Quwwati Wa Abwaabashshihhati Wa Abwaabas Salaamati Wa Abwaabal Jannati. Rabbanaa Aatinaa Min Ladunka Rahmatan Wa Hayyi’ Lanaa Min Amtinaa Rasyadaa. Bismillaahi Tawakkaltu ‘Alallaahi Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah.

Arti: Ya Allah, bukakanlah atas kami pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu berkah, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu keselamatan, dan pintu-pintu surga. Ya Allah ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya serta kekuatan melainkan hanya dengan kekuasaan dan pertolongan Allah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x