Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Pasang Senjata Nuklir Taktis di Belarusia, Ukraina: Minsk Jadi Sandera Nuklir Kremlin

Kompas.tv - 26 Maret 2023, 23:00 WIB
rusia-pasang-senjata-nuklir-taktis-di-belarusia-ukraina-minsk-jadi-sandera-nuklir-kremlin
Arsip. Seorang polisi Ukraina berlindung di depan sebuah gedung yang terbakar yang dihantam serangan udara Rusia di Avdiivka, Ukraina, Jumat, 17 Maret 2023. Pejabat Ukraina mengecam kebijakan Rusia yang hendak menerjunkan senjata nuklir taktis ke negara sekutunya, Belarusia. Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Ukraina Oleksiy Danilov menyebut Kremlin sekadar menjadikan Belarusia "sandera nuklir." (Sumber: AP Photo/Evgeniy Maloletka)

KIEV, KOMPAS.TV - Pejabat Ukraina mengecam kebijakan Rusia yang hendak menerjunkan senjata nuklir taktis ke negara sekutunya, Belarusia. Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Ukraina Oleksiy Danilov menyebut Kremlin sekadar menjadikan Belarusia "sandera nuklir."

Danilov menuduh kebijakan senjata nuklir taktis Vladimir Putin justru menjadi langkah "destabilisasi internal" Belarusia. Ia juga menyebut publik Belarusia akan semakin antipati terhadap rezim Vladimir Putin.

Baca Juga: Vladimir Putin Terjunkan Senjata Nuklir Taktis ke Belarusia

Sebelumnya, Putin mengaku menerjunkan senjata nuklir taktis ke Belarusia sebagai balasan atas langkah Inggris Raya yang mengirim peluru antitank dengan uranium terdeplesi ke Ukraina.

Putin juga menyinggung bahwa Amerika Serikat (AS) lebih dulu menebar senjata nuklir taktis ke negara-negara sekutu NATO di Eropa. 

"Kami melakukan apa yang telah mereka lakukan selama berdekade-dekade, memasangkannya di negara sekutu tertentu, menyiapkan platform peluncuran dan melatih kru," kata Putin dikutip Associated Press.

Presiden Rusia itu pun berargumen bahwa Presiden Belarusia Aleksandar Lukashenko sejak lama meminta senjata nuklir dimasukkan ke wilayahnya. 

Sementara itu, AS mengaku akan "memonitor" tindakan Rusia memasang senjata nuklir taktis di Belarusia. Gedung Putih sejauh ini menganggap Rusia tidak terlihat berencana menggunakan senjata nuklir.

Di lain pihak, Kementerian Luar Negeri Ukraina mengecam tindakan Rusia yang mengirim senjata nuklir taktis ke Belarusia. Kiev pun mendesak Dewan Keamanan PBB menggelar rapat darurat membahas hal tersebut.

Baca Juga: Orang Kuat Nomor Dua Rusia Sebut Kemungkinan Perang Nuklir usai Menteri Jerman Ancam Tangkap Putin

 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.