Kompas TV regional bali nusa tenggara

Kesaksian Nelayan Lihat Detik-Detik Kapal Pertamina Terbakar: Ledakan Besar dan ABK Terjun ke Laut

Kompas.tv - 26 Maret 2023, 20:15 WIB
kesaksian-nelayan-lihat-detik-detik-kapal-pertamina-terbakar-ledakan-besar-dan-abk-terjun-ke-laut
Visual kapal yang mengangkut ribuan Pertalite milik Pertamina dilaporkan terbakar di perairan Mataram, Nusa Tenggara Barat, Minggu (26/3/2023). Sebanyak 17 anak buah kapal (ABK) berada dalam kendaraan tersebut. 14 orang dilaporkan berhasil diselamatkan. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

MATARAM, KOMPAS.TV - Kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM) milik Pertamina dilaporkan mengalami kebakaran di perairan Mataram, Nusa Tenggara Barat, Minggu (26/3/2023). Sejumlah nelayan yang berada di sekitar lokasi melihat langsung detik-detik kapal itu meledak sebelum terbakar.

Jurnalis Kompas TV di Pantai Ampenan, NTB, Fitri Rachmawati melaporkan salah seorang nelayan turut serta dalam evakuasi ABK.

Nelayan bernama Bahrun menyampaikan bahwa ia mendengar suara ledakan sebelum kapal pengangkut pertalite itu terbakar.

"Kapalnya mau lepas jangkar, setelah itu meledak kapalnya. Suara ledakannya besar. Warga langsung lari ke tengah untuk membantu (anak buah kapal) ABK-ABK-nya," tutur Bahrun kepada Kompas TV, Minggu.

Bahrun menyatakan sebanyak 15 sampan nelayan langsung bergerak ke lokasi untuk menyelamatkan para ABK yang terdampak insiden kapal itu.

Baca Juga: Kapal yang Terbakar di NTB Bawa 5.900 Kilo Liter Pertalite, Pertamina Klaim Stok Aman

"(ABK) sudah terjun, berada di laut semua. Kami langsung mendekat, perahu-perahu kecil ini, evakuasi ABK-nya," tuturnya.

Ia melanjutkan selama proses evakuasi belum ada petugas yang datang ke lokasi. Baru ada nelayan yang membantu evakuasi para ABK.

Bahrun mengatakan pihaknya menerima informasi sebanyak tiga orang masih terjebak di kapal pengangkut BBM tersebut. Ia mendapatkan laporan para ABK yang masih terjebak telah meninggal dunia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.