Kompas TV olahraga sepak bola

Drawing Dibatalkan FIFA, PSSI Tak Bisa Jamin Piala Dunia U20 2023 Tetap Digelar

Kompas.tv - 26 Maret 2023, 21:00 WIB
drawing-dibatalkan-fifa-pssi-tak-bisa-jamin-piala-dunia-u20-2023-tetap-digelar
Maskot resmi Piala Dunia U20 2023 Indonesia, Bacuya (Bada Cula Cahaya) diperkenalkan oleh PSSI dan Kemenpora, dalam acara CFD di Jakarta, Minggu (18/9/2022). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga belum bisa menjamin kelanjutan Piala Dunia U20 2023 yang digelar di Indonesia setelah FIFA membatalkan drawing pembagian grup.

"Soal persentase soal keberhasilan atau kegagalan, jalan atau enggak jalan (Piala Dunia U20), kita belum berani ngomong persentase," kata Arya dalam konferensi pers yang digelar Minggu (26/3/2023).

"Karena dengan dibatalkannya drawing kan, berarti sudah ada kemunduran dan sebagainya. Penetapan grup misalnya, itu sudah berubah dengan sendirinya."

"Ya kita enggak tahu nih, bagaimana-bagaimananya," tuturnya.

Arya juga mengatakan, Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan melakukan pendekatan ke FIFA guna mencari solusi terbaik untuk penyelenggaraan Piala Dunia U20 2023.

"Pak Erick sebagai ketua umum akan melakukan diplomasi pendekatan ke FIFA," imbuhnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, FIFA telah membatalkan pengundian atau drawing Piala Dunia U20 2023 yang rencananya akan digelar di Bali pada 31 Maret mendatang.

Baca Juga: Alasan FIFA Batalkan "Drawing" Piala Dunia U20 di Bali

Drawing tersebut dibatalkan FIFA karena adanya berbagai penolakan kehadiran Timnas Israel sebagai peserta Piala Dunia U20.

"Kemarin kami sudah mendapat informasi dari FIFA, dalam pemberitahuan memang menyebutkan bahwa drawing di Bali telah dibatalkan oleh FIFA," kata Arya.

"Jadi ini adalah informasi yang kami dapat dari FIFA. Memang kami belum mendapat surat resmi dari FIFA, tetapi pesannya jelas karena adanya penolakan dari Gubernur Bali yang menolak Tim Israel sehingga dengan sendirinya drawing tidak bisa dilaksanakan tanpa seluruh peserta."

"Dengan penolakan tersebut, jadi wajar kalau FIFA melihat ini harus dibatalkan," ujarnya.

Israel lolos ke Piala Dunia U20 setelah berhasil menjadi runner-up Piala Eropa U19 2022. Mereka menjadi wakil UEFA bersama Inggris, Prancis, Italia dan Slovakia. 

Apabila Indonesia yang menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023 gagal menggelar turnamen, sangat besar kemungkinan Indonesia dan PSSI akan mendapat sanksi berat dari FIFA. 

Baca Juga: Deretan Respons Terkait Penolakan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 Indonesia


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x