Kompas TV olahraga sepak bola

Israel Ditolak, FIFA Batalkan Drawing Piala Dunia U20 2023

Kompas.tv - 26 Maret 2023, 19:07 WIB
israel-ditolak-fifa-batalkan-drawing-piala-dunia-u20-2023
Timnas U20 Israel saat merayakan kelolosan ke Piala Dunia U20 2023 Indonesia. (Sumber: Twitter Israel FA)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - FIFA membatalkan pengundian atau drawing Piala Dunia U20 2023 yang rencananya bakal digelar pada 31 Maret mendatang di Bali.

Kabar pembatalan drawing Piala Dunia U20 2023 itu disampaikan oleh anggota Exco PSSI Arya Sinulingga dalam konferensi pers yang digelar pada Minggu (26/3/2023).

"Kemarin kami sudah mendapat informasi dari FIFA, dalam pemberitahuan memang menyebutkan bahwa drawing di Bali telah dibatalkan oleh FIFA," kata Arya.

"Jadi ini adalah informasi yang kami dapat dari FIFA. Memang kami belum mendapat surat resmi dari FIFA, tetapi pesannya jelas karena adanya penolakan dari Gubernur Bali yang menolak Tim Israel sehingga dengan sendirinya drawing tidak bisa dilaksanakan tanpa seluruh peserta," tuturnya.

"Dengan penolakan tersebut, jadi wajar kalau FIFA melihat ini harus dibatalkan," imbuhnya.

Sementara mengenai kapan dan di mana drawing Piala Dunia U20 akan dilakukan, Arya tidak bisa memastikan itu karena belum mendapat kabar dari FIFA.

"Mengenai kapan waktu drawing dan di mana, kami masih belum dapat informasi dari FIFA," lanjutnya.

"Saat ini kami sedang memikirkan cara bagaimana supaya Indonesia, khususnya sepak bola Indonesia di dunia, tidak dikucilkan dalam sebuah ekosistem sepak bola," katanya.

Baca Juga: Deretan Respons Terkait Penolakan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 Indonesia

Arya juga mengatakan, Ketua Umum PSSI Erick Thohir sedang berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mencari jalan tengah permasalahan ini.

"Ketua Umum PSSI Erick Thohir sedang berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri sebagai penanggung jawab diplomasi dan politik luar negeri kita, dan Kemenpora yang merupakan INAFOC, penanggung jawab dalam penyelenggaraan Piala Dunia U20 di Indonesia," kata dia.

"Demikian juga, Ketua Umum akan melaporkan kepada Presiden Jokowi terkait proses-proses ini, dan mencari solusi yang terbaik untuk menyelematkan sepak bola Indonesia yang kita cintai ini," ucapnya.

Seperti yang diketahui drawing Piala Dunia U20 2023, dijadwalkan digelar di Bali pada 31 Maret.

Pengundian tersebut akan diikuti 24 tim peserta yang lolos, termasuk Indonesia yang akan menempati pot pertama karena menjadi tuan rumah.

Namun karena berbagai penolakan terhadap keikutsertaan tim Israel U20 yang lolos dari kualifikasi Eropa, drawing Piala Dunia U20 2023 pun dibatalkan.

Belum diketahui kapan dan di mana drawing tersebut akan dilakukan setelah pembatalan ini.

Apabila nantinya turnamen Piala Dunia U20 2023 batal terlaksana, Indonesia kemungkinan besar bakal menerima sanksi dari FIFA.

Baca Juga: Buntut Penolakan Timnas Israel di Indonesia, Gibran: Siapkan Venue Saja..!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x