Kompas TV nasional peristiwa

Cuti Bersama Maju 2 Hari, Kemacetan Mudik Lebaran 2023 Diharapkan Bisa Teratasi

Kompas.tv - 25 Maret 2023, 20:04 WIB
cuti-bersama-maju-2-hari-kemacetan-mudik-lebaran-2023-diharapkan-bisa-teratasi
Ilustrasi: Kepadatan arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten. (Sumber: KOMPAS.COM/RASYID RIDHO)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Kaya Sumadi telah mengumumkan bahwa cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1444 H alias Lebaran 2023 maju dua hari menjadi tanggal 19 April 2023.

"Kami tadi bersama-sama Kapolri mengusulkan liburnya maju 2 hari. Jadi mulai tanggal 19 sudah libur, 20 sudah libur, tapi masuknya 26. Jadi tambah 1 hari tapi di depan maju 2 hari," ungkap Budi, Jumat (24/3/2023), dilansir dari presidenri.go.id.

Baca Juga: 2 Keputusan Penting usai Jokowi Ratas Mudik Lebaran: Cuti Bersama Dimajukan, THR Diberi Lebih Awal

Majunya cuti bersama Lebaran 2023 ini dilakukan karena pemerintah memprediksi adanya kenaikan pemudik, dari 85 juta orang menjadi 123 juta orang.

Dengan majunya cuti bersama, maka diharapkan dapat mencegah terjadinya penumpukan di jalur-jalur mudik yang akan dilintasi.

Lantas, seberapa efektif kebijakan ini?

Pengamat transportasi, Djoko Setijowarno, mengatakan bahwa cuti bersama dimajukan dua hari merupakan keputusan yang baik, mengingat banyaknya pemudik yang akan bergerak ke kampung halaman.

“Dengan bergesernya ini setidaknya saya kira 20 persen ada terjadi perubahan. Apalagi ditambah dengan anak sekolah libur, anak kuliah libur, ini bisa sangat membantu,” kata Djoko dalam Kompas Petang, Sabtu (25/3/2023).

Baca Juga: Menhub Usul Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri Dimajukan, Mulai 19 April 2023 Sudah Libur

“Tahun lalu, sebetulnya swasta sudah melakukan itu, tapi jumlahnya belum banyak.”

Djoko menerangkan, cuti bersama maju dua hari bukan satu-satunya cara untuk mengatasi masalah kemacetan saat mudik. Fasilitas mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah dapat menjadi alternatif.

“Artinya orang tidak bawa kendaraan pribadi, entah itu mobil atau motor. Banyak cara,” terang dia.

Tak hanya itu, fasilitas jalan kini juga lebih memadai ketimbang tahun-tahun yang lalu. Sebagai contoh, perjalanan Jakarta-Solo bisa mencapai 30-35 jam di masa mudik. Kini, dengan adanya jalan tol, maka perjalanan mudik lebih cepat.

Baca Juga: Ini Tanggal Merah Maret 2023, Ada Libur Hari Raya Nyepi dan Cuti Bersama

Namun demikian, masyarakat tak harus terfokus pada fasilitas tol. Jalan arteri juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi kemacetan yang mungkin terjadi di jalan tol.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x