Kompas TV olahraga sepak bola

Resmi! Bayern Munchen Pecat Julian Nagelsmann, Tunjuk Thomas Tuchel sebagai Pengganti

Kompas.tv - 25 Maret 2023, 03:10 WIB
resmi-bayern-munchen-pecat-julian-nagelsmann-tunjuk-thomas-tuchel-sebagai-pengganti
Pelatih kepala Bayern, Julian Nagelsmann, menyentuh wajahnya saat berlangsungnya pertandingan Bundesliga antara Borussia Dortmund dan Bayern Munich di Dortmund, Jerman, Sabtu 8 Oktober 2022. (Sumber: AP Photo/Martin Meissner)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

MUNICH, KOMPAS.TV - FC Bayern Munchen resmi memecat Julian Nagelsmann sebagai pelatih mereka, Jumat (24/3/2023).

Selain memecat Nagelsmann, para staf pelatihnya yaitu Dino Toppmöller, Benjamin Glück dan Xaver Zembrod juga dilepas.

The Bavarian langsung menunjuk mantan pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, untuk mengisi kekosongan di kursi panas tim raksasa Bundesliga itu.

"FC Bayern Munich telah melepas pelatih kepala Julian Nagelsmann. Keputusan ini diambil oleh CEO Oliver Kahn dan anggota dewan olahraga Hasan Salihamid i yang berkonsultasi dengan presiden klub Herbert Hainer," bunyi pernyataan resmi klub.

"Nagelsmann akan digantikan oleh Thomas Tuchel. Tuchel akan menerima kontrak hingga 30 Juni 2025 dan akan mengawasi latihan skuad untuk pertama kalinya pada Senin."

Kabar dipecatnya Nagelsmann sendiri sudah beredar sejak Kamis (23/3/2023) dan baru hari ini diumumkan secara resmi.

Perpisahan mendadak Bayern dengan pelatih berusia 35 tahun itu terbilang mengejutkan.

Sejak menangani Thomas Muller dkk pada 2021 lalu, Nagelsmann berhasil membawa Bayern menjadi juara Bundesliga di musim perdananya serta dua trofi Piala Super Jerman.

Baca Juga: Hasil Drawing Perempat Final Liga Champions 2022-23: Man City vs Bayern, Madrid vs Chelsea

Pada musim ini, Bayern berada di posisi kedua klasemen sementara Bundesliga, di bawah Borussia Dortmund dengan selisih satu poin.

Meski begitu, di kancah Eropa, Bayern sebenarnya tampil bagus dengan baru saja menyingkirkan raksasa Prancis di babak 16 besar Liga Champions.

"Saat kami merekrut Julian Nagelsmann untuk FC Bayern pada musim panas 2021, kami yakin akan bekerja dengannya dalam jangka panjang - dan itulah tujuan kami semua hingga akhir," kata Kahn. 

"Julian membagikan aspirasi kami untuk memainkan sepak bola yang sukses dan atraktif. Tetapi sekarang kami telah sampai pada kesimpulan bahwa kualitas dalam skuad kami - terlepas dari gelar Bundesliga tahun lalu - semakin jarang dikedepankan."



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x