Kompas TV olahraga sepak bola

ASEAN Mulai Bahas Pencalonan Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Kompas.tv - 25 Maret 2023, 02:45 WIB
asean-mulai-bahas-pencalonan-tuan-rumah-piala-dunia-2034
Ilustrasi. Negara-negara anggota ASEAN mulai membahas pencalonan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. (Sumber: eria.org)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

BANGKOK, KOMPAS.TV - Negara-negara anggota ASEAN mulai membahas pencalonan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Dilansir laman resmi ASEAN, Rabu (22/3/2023), para pejabat olahraga dari negara-negara anggota ASEAN, perwakilan dari Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) dan asosiasi sepak bola di wilayah tersebut telah melakukan pertemuan secara virtual dalam First Technical Working Group Meeting for the Preparation of ASEAN’s Joint Bid for the FIFA World Cup 2034 (1st TWG-FWC Meeting).

Pertemuan tersebut dipimpin Direktur Jenderal Pendidikan Jasmani Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand Dr Niwat Limsuknirun, yang juga Ketua ASEAN Senior Officials Meeting on Sports. 

Di bawah kepemimpinan Thailand, para anggota TWG-FWC membahas proses pengajuan penawaran tuan rumah bersama untuk Piala Dunia 2034 pada tahun 2026 mendatang.

Dalam pertemuan tersebut dibahas berbagai hal seperti persyaratan umum, jadwal, dan peran yang akan diambil masing-masing negara anggota untuk Piala Dunia 2034.

Pencalonan ASEAN untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pertama kali dicetuskan oleh para Menteri Luar Negeri ASEAN pada Retret Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN dan Pertemuan Khusus Dewan Koordinasi ASEAN pada Januari 2011 di Lombok, Indonesia.

Baca Juga: Weird Genius bersama FIFA Luncurkan Lagu Resmi Piala Dunia U20 Berjudul Glorious

Dalam KTT ASEAN ke-34 pada 23 Juni 2019 di Bangkok, Thailand, para pemimpin ASEAN menyambut baik keinginan bersama ASEAN untuk serius mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia FIFA dan mendukung upaya asosiasi sepak bola nasional negara-negara anggota ASEAN dan AFF untuk mewujudkan tujuan ini. 

Menanggapi pernyataan para pemimpin tersebut, AFF menyatakan dukungannya terhadap inisiatif peluncuran pencalonan bersama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 pada 24 Juni 2019.

Pertemuan ini berkontribusi pada implementasi ASEAN Work Plan on Sports 2021-2025, khususnya Area Prioritas 4: Mempromosikan Kesadaran ASEAN melalui Kegiatan Olahraga, Pariwisata Olahraga, dan Industri Olahraga.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga sempat mengatakan kesuksesan Piala Dunia U20 2023 yang digelar di Indonesia akan menjadi modal ASEAN mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034.

Apabila Piala Dunia U20 2023 bisa sukses digelar, bakal membuka jalan ASEAN untuk jadi tuan rumah Piala Dunia.

“Piala Dunia U20 ini event terbesar nomor dua FIFA. Ini jalan besar (buat Indonesia, red.), kalau ini sukses untuk Piala Dunia 2034,” kata Erick Thohir. 

Baca Juga: Ketum PBNU: Menolak Israel di Piala Dunia U20 Tidak Punya Manfaat untuk Palestina


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x